1 Ramadhan 2020 Jatuh Tanggal Berapa? Ini Keputusan Muhammadiyah dan NU

Memasuki bulan Sya’ban, banyak umat Islam yang bertanya-tanya mengenai 1 Ramadhan tahun 2020 jatuh tanggal berapa? Secara khusus, beberapa kalangan ada yang menanyakan jadwal puasa Ramadhan 2020 menurut NU, Muhamadiyah, atau ormas lainnya.

Sudah sejak lama, umat Islam Indonesia memiliki keunikan dalam penetapan awal bulan Hijriyah. Hal ini karena ada berbagai ormas keislaman yang memang mempunyai cara dan tradisi tersendiri. Misalnya Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), selama ini paling terlihat perbedaannya karena memang jumlah anggotanya terbanyak di Indonesia, selain juga sebab metode dan prinsip yang digunakan berbeda pula.

Melalui Maklumat 01/MLM/I.0/E/2020, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1441 Hijriyah pada hari Jum’at, 24 April 2020. Penetapan ini berdasarkan hasil Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid salah satu ormas Islam besar di Indonesia tersebut.

Baca juga :  Niat Sholat Tarawih di Rumah Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Tidak berbeda dengan Muhammadiyah, kalender Nahdlatul Ulama, jadwal 1 Ramadhan 1441/2020 juga jatuh pada hari Jum’at,  24 April 2020. Hanya saja, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) biasanya mengimbau masyarakat terutama Nahdliyin untuk menunggu ketetapan dari Pemerintah melalui Kementerian Agama yang akan menggelar sidang isbat untuk melihat hilal di akhir bulan Sya’ban.

Seandainya ada perbedaan antara kedua ormas itu dalam menentukan awal Ramadhan atau Hari Raya Idul Fifri, maka biasanya tokoh NU dan Muhammadiyah saling menghormati. Sehingga anggota masing-masing masyarakat sudah memaklumi tidak mempermasalahkan secara serius. (MZN)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *