4 Macam Mukjizat Nabi Muhammad Menurut Imam Ibnu Hajar

Sebagai penutup para utusan, Nabi Muhammad Saw. memiliki keistimewaan-keistimewaan yang tidak dimiliki oleh utusan yang lain. Perlu diketahui bahwa mukjizat Nabi Muhammad  terus berlangsung sampai hari kiamat.

Sementara  untuk para nabi yang lain, mukjizatnya akan habis pada masanya di mana yang tersisa hanyalah kabar mukjizat tersebut.

Dalam kitab An-Ni’matul Kubrâ ‘alal Ālam fî Maulidi Sayyidi Waladi Ādam (h. 10-11), Imam Ibnu Hajar al-Haitami menyebutkan tentang mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad. Di antara mukjizat tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, makanan di telapak Nabi Muhammad Saw. dapat bertasbih.

Mukjizat yang pertama adalah terdengarnya tasbih dari makanan yang akan dimakan Nabi Muhammad Saw. Hal ini diketahui oleh para sahabat yang sedang makan bersama Nabi.

Keterangan ini sebagaimana disebutkan dalam hadis dari sahabat Ibnu Mas’ud Ra.:

كُنَّا نَأْكُلُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّعَامَ وَنَحْنُ نَسْمَعُ تَسْبِيْحَ الطَّعَامِ

Kami makan makanan bersama Nabi Saw. dan kami mendengar tasbihnya makanan .” (HR. Bukhari)

Kedua, pepohonan atau tanaman yang berbicara dan memberi salam kepada Nabi Muhammad Saw.

Mukjizat yang kedua adalah ucapan salam dari pepohonan ataupun tanaman yang dilewati Nabi Saw. Sebagai insan yang paling mulia bahkan alam pun memberi doa keselamatan (salam) kepada Nabi Saw.

Baca juga :  Kisah Rasulullah dan Seorang Anak Yatim yang Mengharukan

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Sayyidina Ali Ra. :

وَعَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَكَّةَ، فَخَرَجْنَا فِي بَعْضِ نَوَاحِيْهَا، فَمَا اسْتَقْبَلَهُ جَبَلٌ وَلَا شَجَرٌ إِلَّا وَهُوَ يَقُوْلُ: السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ رواه الترمذي

Dari sahabat Ali bin Abi Thalib Ra., ia berkata “Aku pernah bersama Rasulullah Saw. di Mekkah, lalu kami keluar (pergi) ke beberapa daerah. Tidak ada gunung dan pepohonan yang bertemu Rasulullah melainkan mereka mengucapkan ‘Assalâmu ‘alaika Yâ Rasûlullâh’.” (HR. At-Tirmidzi)

Ketiga, Nabi Muhammad dapat menghidupkan dan berbicara kepada orang mati.

Mukjizat yang ketiga adalah Nabi Muhammad Saw. dapat menghidupkan orang mati dan berbicara  dengan mereka.

Imam Al-Qurtubi dalam kitab At-Tadzkirah menuturkan bahwa Allah menghidupkan kedua  orang tua Nabi dan juga pamannya yakni Abu Thalib lalu  mereka beriman kepada Nabi Muhammad Saw.

Keempat, munculnya air suci berkah dari sela-sela jari jemari Nabi Muhammad Saw. yang mulia dan bisa memperbanyak makanan yang sedikit dengan doa.

Mukjizat yang keempat adalah keluarnya air berkah dari sela-sela jari jemari Nabi Saw. serta beliau bisa memperbanyak makanan dengan doanya kepada Allah SWT.

Baca juga :  Orang Bangkrut di Akhirat Menurut Rasulullah Saw

Demikianlah sekelumit mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad Saw. yang disebutkan oleh Ibnu Hajar al-Haitami. Semoga bermanfaat, wallahu a’lam.

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.