7 Tips Lebaran Di Rumah Aja Saat Pandemi Covid-19

Tahukan Kamu? Ternyata ada tips lebaran yang asyik, dijamin anti galau, dan nggak bikin hari raya Idul Fitri tahun ini terasa bosan. Berikut ini adalah 7 tips lebaran di rumah saja saat pandemi Covid-19 atau wabah virus corona.

Tips Idul Fitri asyik ini sekaligys sebagai komitmen ikut gerakan #StayAtHome agar terhindar serta memutus mata rantai virus yang membahayakan tersebut.

1. Membuat Kue Lebaran

Walau lebaran tahun 2020 kali ini #DirumahAja, namun tidak di pungkiri lagi, bagi masyarakat Indonesia lebaran tanpa kue dan ketupat belum lengkap. Kue khas lebaran yang bisa dibuat seperti nastar, wajik bandung, dodol, kue salju dan masih banyak lagi.

Nah oleh sebab itu, lebaran kali ini memiliki tantangan sendiri bagi kamu. Bagaimana tidak? Bagi kamu yang sibuk dengan tugas, tidak sempat untuk membuat kue, dan daripada membeli di toko kue, maka kali ini kamu dapat mencoba membuat kue lebaran sesuai dengan selera kamu dengan mengandalkan tutorial pembuatan kue di youtube. Asyik bukan?

2. Membersihkan Perkarangan Rumah

Pernah nggak mendengar sabda Nabi tentang “Kebersihan adalah sebagaian dari Iman”? Pasti dengar kan? Nah, kata kebersihan adalah sebagaian dari Iman membawa kita untuk selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri, rumah maupun lingkungan.

Di masa seperti ini, pandemi menganjurkan kita agar tetap selalu di rumah saja. Maka, ini adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk membersihkan perkarangan rumah sambil menjalin kebersamaan bersama keluarga tercinta. Rasa kebersamaan biasanya sulit dijumpai karena disibukkan dengan aktivitas masing-masing.

Baca juga :  3 Cara Tawakal kepada Allah Saat Wabah Corona

3. Video Call Orang yang Dicinta

Lebaran Idul Fitri adalah momen saling memaafkan antara orang tua dan anak dengan cara sungkeman dan mencium kening dan pipi kedua orang tua. Namun Idul Fitri kali ini tidak dapat dilakukan dengan biasanya dan  membawa rasa kerinduan akan rumah di masa kecil kita dibesarkan.

Dengan canggihnya teknologi, maka bagi kamu yang tidak bisa pulang kampung dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Caranya dengan melakukan video call kepada orang yang dicinta dengan meminta maaf atas kesalahan yang terjadi selama ini. Selai itu, cara ini juga dapat mengurangi rasa kerinduan akan kampung halaman bahkan masakan orang tua.

4. Bersilaturahmi Secara Online

Tak lengkap namanya lebaran jika tidak berkunjung kerumah saudara atau tetangga. Namun dalam pandemi ini saya memiliki tips selanjutnya yaitu bersilaturahmi secara online. Kegiatan ini dapat membuat kamu dan keluarga kamu semakin dekat dan rasa rindu terpenuhi dengan menelpon rekan kerja kamu, teman semasa sekolah, tetangga dan lain sebagainya.

5. Merenungkan diri dengan bertobat

Adanya virus corona membawa kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan beribadah berjamaah, sahur dan berbuka bersama keluarga. Sehingga Ramadhan ditutup saling memaafkan satu dengan yang lain meski lebaran di rumah saja.

Setiap manusia pasti memiliki dosa, dan setiap manusia menginginkan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh sebab itu, metode yang baik yakni merenungkan diri apa saja kesalahan yang telah kita lakukan dan bertobat memohon ampunan kepada Allah Swt.

Baca juga :  6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dalam Islam

6. Menonton serial Drama Film Religi

#DirumahAja membuat sebagian dari kita merasakan kebosanan hingga tak tahu ingin melakukan kegiatan apa agar rasa kebosanan ini hilang. Berandai-andai ketika lebaran adalah momen hangout bersama teman, pergi liburan ke tempat wisata, menonton film di bioskop dan lain sebagainya.

Di masa pandemi seperti ini kegiatan di atas takkan bisa dilakukan. Menonton serial Drama Islami adalah satu cara menutupi kebosanan sembari berkumpul dengan keluarga dan menikmati kue lebaran yang telah dibuat. Dengan mematikan lampu bisa merasakan menonton bioskop ala kamu sendiri.

7. Mengasah soft skill

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa galau pada momen lebaran Idul Fitri yakni mengasah soft skill (keterampilan). Seperti diketahui soft skill adalah kemampuan yang kita miliki diluar kemampuan akademik dan teknis yang mengutakan kemampuan intra dan interpersonal. Dengan adanya soft skill yang kamu miliki dengan begitu kamu juga telah berjaan satu langkah untuk mencapai masa depanmu.

Demikian, 7 tips lebaran di rumah saja saat pandemi Covid-19. Selamat menikmati hari raya Idul Fitri 1441 H, jangan lupa #DirumahAja.

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *