Allahumma Sholli Sholatan Kamilatan Sholawat Nariyah

Allahumma Sholli Sholatan Kamilatan adalah bacaan Sholawat Nariyah yang sering umat Islam Indonesia baca dalam berbagai kegiatan. Sholawat ini memiliki berbagai keutamaan, sehingga banyak yang mengamalkannya.

Pengarang sholawat Nariyah adalah Syekh Ahmad At-Tazi al-Maghribi. Beliau adalah ulama hadis dari Maroko, Afrika Utara.

Perihal penamaan Sholawat Nariyah, menurut Syekh Abdullah al-Ghummari, karena terjadi tashif atau perubahan dari kata yang sebenarnya taziyah.

Hal ini sebab keduanya memiliki kemiripan dalam penulisan teks Arab, yaitu النارية dan التازية yang berbeda pada titik huruf. Adapun di Maroko sendiri sholawat ini dikenal dengan sholawat Taziyah, sesuai nama kota asal Syekh Ahmad A-Tazi (Ma’ruf Khozin, NU Online, 2016).

Berikut ini teks Allahumma sholli sholatan kamilatan wasalim salaman yaitu Sholawat Nariyah lengkap Arab dan artinya:

أَللَّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Sholawat Nariyah latin:

Allahumma sholli sholatan kamilatan wa sallim salaaman taamman ‘ala sayyidinaa Muhammadin alladz tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaaiju wa tunaalu bhir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalih, wa shahbih fii kullii lanhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.

Arti Sholawat Nariyah:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Allahumma Sholli Sholatan Kamilatan wasalim salaman

Kandungan Sholawat Nariyah

Sholawat ini pada umumnya mengandung doa-doa memohon kepada Allah agar mencurahkan salam untuk Rasulullah. Melalui tawasul inilah yang membaca memohon agar Allah memudahkan segala kesulitan yang sedang dihadapi. Selain itu, sholawat ini juga mengandung doa agar kita meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

Keutamaan Sholawat Nariyah

Perihal fadhilah sholawat ini, Imam Al-Qurthubi menjelaskan:

“Barangsiapa membacanya 41 kali, 100 kali, atau lebih setiap hari, Allah akan melenyapkan kecemasan dan kesusahannya, menghilangkan kesulitan dan penyakitnya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya, meninggikan kedudukannya, memperbaiki keadaannya, meluaskan rezekinya, dan membukakan baginya segala pintu kebaikan.

Demikian bacaan sholawat Nariyah lengkap teks Arab dan artinya. Semoga sholawat ini dapat memberkahi hidup kita agar kelak mendapatkan syafaat Nabi Muhammad. Amin. (MZN)

Baca juga :  Dzikir Pagi dan Petang PDF
Baca juga :  Doa dan Dzikir Sholat Witir dan Artinya Sesuai Sunnah
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *