Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

Hari ulang tahun adalah salah satu momen paling istimewa bagi setiap orang. Hal ini karena pada hari kelahiran ini berarti usia seseorang bertambah, meski pada hakikatnya berkurang. Bagi masyarakat muslim, biasanya yang ulang tahun mendapatka doa dan ucapan Barakallah Fii Umrik.

Selain itu, seseorang pada hari ulang tahun juga sering mendapatkan hadiah-hadiah spesial dari keluarga, saudara, teman atau orang-orang dekat lainnya. Maka, tidak heran orang merayakannya pasti bahagia dan bersyukur masih diberi umur panjang dari Allah.

Bacaan doa bisa menggunakan bahasa apapun. Namun, ada beberapa macam doa yang bisa kita ucapkan kepada orang sedang merayakan hari kelahirannya menggunakan bahasa Arab.

Baca juga :  Doa agar Hutang Cepat Lunas dan Lancar Rezeki
Baca juga :  Doa Mendapatkan Pekerjaan yang Baik

Ucapan Ulang Tahun Islami

Berikut ini tulisan doa ulang tahun Islami barakallah fii umrik yang bisa diucapkan untuk istri, suami, anak, adik, kakak, teman, berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Doa barakallah fii umrik untuk perempuan:

بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكِ

Latin: Barakallahu fii umriki.

Artinya: “Semoga Allah memberkahi umurmu.”

Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

Doa barakallah fii umrik untuk laki-laki lengkap beserta arab dan artinya:

بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكَ

Latin: Barakallahu fii umrika.

Artinya: “Semoga Allah memberkahi umurmu.”

Doa-Doa Lain untuk Keberkahan Umur

Dalam Islam, kita juga dapat mengucapkan doa ulang tahun berikut ini baik itu kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Latin:

Allahumma thawwil ‘umurana, wa shahhih ajsadana, wa nawwir qulubana, wa sabbit imanana wa ahsin a’malana, wa wassi’ arzaqana, wa ilal-khairi qarribna wa ‘anisy-syarri ab’idna, waqdhi khawaijana fiddini waddunya wal akhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qadir.

Artinya:

“Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, dan terangi hati kami. Tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, dan luaskan rezeki kami. Dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan. Kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca juga :  Doa Agar Mendapatkan Jodoh Idaman
Baca juga :  Doa Terhindar dari Musibah dan Bencana Beserta Artinya

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Latin:

Allahumma inna nas-aluka salamatan fid dini wa ‘afiyatan fil-jasadi, wa ziyadatan fil -ilmi, wa barakatan fir-rizqi, wa taubatan qablal-mauti, wa rahmatan ‘indal-mauti, wa maghfiratan ba’dal mauti.

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan (kesehatan) pada tubuh. Dan penambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum mati, rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Barakallahu fii umrik artinya apa

Hal-hal yang Sebaiknya Dilakukan Saat Ulang Tahun

Ketika hari ulang tahun tiba, seseorang sebaiknya bukan hanya bersenang-senang dalam perayaan, atau hanya berdiam diri tidak peduli bahwa hari itu adalah hari bertambahnya usia. Maka, dalam ini agama Islam menganjurkan beberapa kebaikan yang sebaiknya dilakukan saat hari ulang tahun.

Pertama, puasa sunnah. Hal ini sebagaimana ajaran Nabi Muhammad yang berpuasa pada hari kelahirannya.

Kedua, bersyukur. Tentu saja, sikap syukur seseorang tidak hanya sebatas lisan melainkan juga meresapinya dalam hati. Selain itu, wujud syukur juga seseorang ekspresikan melalui tasyakuran berbagi makanan kepada teman, tetangga, atau saudara.

Ketiga, muhasabah. Maksudnya adalah evaluasi diri atas segala doa yang selama ini seseorang lakukan, baik dosa karena maksiat diri, berbuat buruk kepada orang, maupun maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya. Sehingga melalui muhasabah inilah seseorang akan berusaha menjadi orang yang lebih daripada sebelumnya.

Demikian ucapan doa hari ulang tahun barakallah fii umrik untuk perempuan maupun laki-laki dalam bahasa Arab beserta artinya. Semoga bermanfaat.

Baca juga :  Doa Melupakan Mantan Agar Hati Bisa Move On
Baca juga :  Doa Naik Pesawat Agar Selamat Sampai Tujuan
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *