Bismika Allahumma Ahya Wabismika Amut

Bismika Allahumma Ahya Wabismika Amut

Doa Sebelum Tidur Bismika Allahumma Ahya  – Tidur adalah salah satu tanda bahwa manusia mempunyai batas kekuatan. Melalui tidur, jiwa dan raga manusia dapat istirat setelah beberapa jam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Agama Islam mengajurkan bahwa segala aktivitas yang positif sebaiknya diawali dengan membaca doa, termasuk sebelum tidur. Mengapa ketika hendak tidur kita harus membaca doa? Tidur merupakan istirahat total yang mana segala aktivitas pikiran, jiwa, dan beberapa anggota tubuh berhenti.

Dalam bahasa lain, seolah-olah orang tidur itu seperti “setengah mati”. Oleh sebab itu, Rasulullah Saw. yang membaca risalah agama Islam mengajarkan bacaan doa apabila hendak tidur.

Berikut teks bacaan doa sebelum tidur Bismika Allahumma lengkap Arab latin dan artinya:

Doa sebelum tidur bismika Allahumma ahya Arab

 

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Bismika Allahumma ahya wa bismika amut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati”

Manfaaat Tidur

Tidur tidaklah hanya sebatas kita merebahkan badan karena mengantuk dan lelah saja. Lebih jauh, ada berbagai manfaat khususnya tidur yang cukup pada malam hari. Berikut ini beberapa manfaatnya sebagaimana mengutip laman Sehatq.com:

1. Dapat mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat

Selama beraktivitas, seseorang mungkin mempelajari berbagai hal atau menyerap informasi baru. Ketika tidur, otak kita akan memilah-milah semua informasi itu.

Baca juga :  Doa Sholat Dhuha Sesuai Sunnah

Begitu pula saat tidur, otak juga akan aktif memperkuat daya ingat dan melatih kemampuan yang seseorang pelajari sebelumnya saat kita masih bangun. Tidak kenapa, otak akan memutuskan apa yang harus disimpan ke memori, dan apa yang harus dibuang.

2. Bisa mempercepat penyembuhan penyakit

Tidak salah apabila orang sakit memang harus beristirahat dengan cukup. Salah satu manfaat tidur yang berguna bagi orang sakit yaitu menghasilkan hormon pertumbuhan jaringan untuk memulihkan sakit, luka atau nyeri otot.

Selain itu, manfaat tidur berkualitas lainnya untuk meningkatkan sel darah putih yang fungsinya untuk menangkal virus dan bakteri.

3. Dapat Membakar kalori tubuh

Orang yang cukup tidur dapat membakar hingga 300 kalori tubuh setiap hari. Tidur malam lebih awal akan membuat Anda menghindari camilan seperti kue atau keripik.

Selain itu, jika Anda cukup tidur, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit ghrelin (hormon lapar) dan lebih banyak leptin, yaitu hormon yang memberikan sinyal ke otak jika Anda sudah kenyang. Demikian menurut American Journal of Clinical Nutrition.

4. Dapat Meningkatkan mood

Aktivitas tidur memungkinkan pikiran dan tubuh seseorang untuk beristirahat. Hal ini akan menambah energi dan memberi sudut pandang yang lebih positif. Dalam jangka panjang, manfaat tidur yang cukup akan melindungi kesehatan mental.

Baca juga :  Dzikir Pagi dan Petang PDF
5. Membantu pengambilan keputusan

Sebagai orang dewasa, sudah seharusnya memiliki kemampuan dalam memutuskan sesuatu. Maka, manfaat tidur berkualitas yakni dapat mencegah otak mengambil keputusan secara impulsif atau terburu-buru.

Demikian teks bacaan doa ketika hendak tidur lengkap dengan Arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. (MZN)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *