Doa Agar Dapat Melunasi Hutang Dengan Cepat

Doa agar hutang lunas

Doa agar hutang cepat lunas sesuai Sunnah Nabi – Setiap orang mempunyai perjalanan hidup yang berbeda-beda. Ada yang hidup bergelimang harta, ada yang merasa pas-pasan, ada juga yang berkecukupan, sebagian ada yang memilih hidup sederhana, namun tidak sedikit pula yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Banyak orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau keluarganya. Sebagian ada cukup dari hasil upah dalam bekerja, sebagian pula yang gajinya tidak cukup untuk sekedar mengisi perut agar tidak kelaparan. Terkadang ada pula situasi yang membuat seseorang nekat untuk meminjam hutang kepada orang lain demi membayar keinginan maupun kebutuhannya.

Akibat kebutuhan yang banyak dan ketergantungan terhadap hutang, kerapkali hal itu kemudian menjadi beban pikiran, susah tidur, sering pusing, bahkan hingga membuat stres. Kebiasaan meminjam hutang perlu dipikirkan ulang ketika merasa diri sendiri sulit untuk membayarnya.

Berikut bacaan doa ajaran Nabi Saw agar dapat melunasi hutang dengan cepat:

Doa Melunasi Hutang I

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Latin: Allahummakfini bi halalika ‘an haramika, wa aghninii bi fadhlika ‘amman siwaaka.

Artinya: “Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu, bukan karena karunia selain-Mu.” (HR. Tirmidzi: 5/560, lihat shahih Tirmidzi: 3/180)

Doa Melunasi Hutang II

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ، وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Latin: Allahumma inni a’udzu bika minal-hammi, wal-hazani, wal-‘ajzi, wal-kasali, wal-bukhli, wal-jubni, wadhala’id daini, walabatir-rijali.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah, sedih, kelemahan, kemalasan, dari sifat bakhil (pelit) dan penakut,  dari cengkraman hutang dan laki-laki yang menindasku.” (HR. Bukhari: 7/158)

Doa Melunasi Hutang III

اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا، أَنْتَ تَرْحَمُنِي، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Latin: Allahumma Ya Farijal-hammi, Kasyifal ghammi, Mujiba da’watal mudhthorrin, Rahmanad dunya wal-akhirah warahimahuma Anta tarhamuni farhamni rahmatan tughnini biha rahmati man siwaka.

Artinya: “Ya Allah, yang menghilangkan kerisauan, Maha Mengikis gundah gulana, Maha mengabulkan doa orang yang menderita. Engkau Maha Pengasih kepada seisi dunia dan akhirat dan menyayangi keduanya. Engkau mengasihiku, berilah aku rahmat yang membuatku tidak memerlukan lagi pertolongan selain dari-Mu.”

Selain membaca doa di atas, tentu penting untuk mengubah pola pikir agar tidak gampang untuk mencari pinjaman uang. Giat bekerja, rajin menabung, mengurangi konsumsi dan menekan keinginan yang terlalu banyak adalah solusi nyata untuk terhindar dari lilitan utang. Demikian doa agar hutang cepat lunas dengan cepat sesuai ajaran sunnah Nabi Saw. Semoga bermanfaat. (M. Zidni Nafi’)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *