Doa Agar Sukses Dunia Akhirat

Ilustrasi Doa Agar Sukses Dunia Akhirat

Berikut ini menampilkan doa agar sukses dunia akhirat. Setiap manusia pasti mendambakan kesuksesan dalam hidupnya.

Kesuksesan mampu diraih dengan kerja keras dan diiringi oleh doa yang terus menerus dipanjatkan. Dalam Alquran, Allah swt. telah menganjurkan umat Islam untuk selalu berdoa untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

Berikut ini adalah doa agar sukses dunia akhirat yang tercantum dalam Surah Al Baqarah ayat 201

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka” 

Doa Sukses Dunia Akhirat

Menurut Jumhur Ulama doa ini mencakup semua permintaan manusia, dunia maupun akhirat. Oleh sebab itu, doa ini bernama doa sapu jagad, karena seluruh permintaan manusia pada hakikatnya tidak lepas dari kesuksesan dunia dan akhirat.

Rasulullah saw. juga mengajari umat Islam untuk selalu semangat dalam mengejar kesuksesan dunia akhirat. Sebagaimana tersirat dalam salah satu hadis yang berbunyi:

Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya.” (HR. Tirmidzi)

Baca juga :  Doa Puasa Ramadhan Hari ke-11 Sampai ke-15

Indikator kesuksesan sering kali ditandai dengan keberlimpahan harta dan tingginya jabatan. Untuk mendapatkannya, banyak orang bahkan menempuhnya dengan cara yang haram.

Padahal menurut hadis di atas, jika kita meniatkan apa pun yang kita lakukan untuk akhirat, maka tidak perlu mengharapkan apa yang kita inginkan di dunia datang pada kita karena justru dunialah yang akan mendatangi kita.

Demikian doa agar sukses dunia akhirat. Semoga bermanfaat.(AL)

 

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.