Doa Ketika Bercermin Arab dan Artinya

Ilustrasi doa bercermin Arab dan artinya

Doa ketika bercermin Arab dan artinya akan ditampilkan berikut. Bercermin adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang sering  manusia lakukan agar penampilan terlihat baik.

Ketika bercermin, Islam menganjurkan umat muslim untuk membaca doa agar penampilan yang baik bisa sesuai dengan akhlak yang baik pula. Berikut doa ketika bercermin yang Rasul ajarkan.

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Artinya: Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pulalah akhlakku. (HR. Ahmad).

Adab Bercermin

Bercermin adalah salah satu kegiatan untuk mempercantik diri. Ketika bercermin, ada adab-adab yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

1.  Berdoa. Berdoa adalah perkara sunnah yang diutamakan termasuk ketika seseorang sedang bercermin.

2.  Menatap wajah dengan penuh syukur. Sebagaimana Allah berfirman : “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk.” (QS. At-Tin : 4). Jangan pernah mencela rupa diri sendiri maupun orang lain, sebab secara tidak langsung pun kita mencela Allah yang telah menciptakannya.

3.  Berhias tidak berlebih-lebihan. Berlebih-lebihan adalah hal yang mubazir. Selain itu, berlebih-lebihan dapat menimbulkan sifat sombong dalam diri.

4.  Tidak membanggakan diri. Membanggakan diri sendiri yang berlebihan adalah salah satu sifat yang tercela dan tidak dianjurkan.

Baca juga :  Doa Agar Sukses Dunia Akhirat

5.  Tetap rendah hati. Rasulullah bersabda, “Sungguh, Allah mewahyukan kepadaku agar kalian tawadhu’ (rendah hati), sampai seseorang tidak membanggakan diri kepada orang lain dan seseorang tidak sewenang-wenang kepada orang lain.” (HR. Muslim).

6.  Tidak membiasakan berbicara dan tertawa-tawa sendiri di depan cermin.

7.  Bersabar. Mungkin terdapat kekurangan pada rupa kita. Atau rupa kita yang tidak lagi indah seperti sebelumnya, yang disebabkan berbagai hal. Ketika kita memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan fisik. Maka bersabar dan merupakan solusi terbaik. InsyaAllah, terdapat hikmah dalam hal-hal tersebut.

8.  Akhiri dengan membaca hamdalah. Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk mengawali segala sesuatu dengan bismillah, dan mengakhirinya dengan alhamdulillah. Maka seusai kita bercermin, ucapkanlah alhamdulillah.

Demikian doa ketika bercermin Arab dan artinya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Wallahua’lam (AL)

 

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *