Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah

Berikut ini doa ketika masuk pasar sesuai Sunnah Nabi. Doa masuk pasar sesuai Sunnah ini dianjurkan sebagaimana dari sahabat Umar bin Khattab, bahwa Rasulullah mengajarkan berdoa saat masuk ke pasar sehingga mendapatkan keutamaan dari Allah.

Bacaan doa ketika masuk pasar latin dan artinya menurut Sunnah:

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Latin: Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyii wa yumiitu, wa huwa hayyun laa ya yamuutu, bi yadihil khoiru, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiirun.

Artinya: “Tiada sembahan yang benar kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya lah segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, Dialah yang menghidupkan dan mematikan, Dialah yang maha hidup dan tidak pernah mati, ditangan-Nya lah segala kebaikan, dan Dia maha mampu atas segala sesuatu.”

Doa masuk pasar sesuai sunnah

Doa ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Imam Abu Dawud 1/14, Imam At-Tirmidzi 5/291, Imam Al-Hakim 1/538. Menurut Imam Al-Bani hadits ini kategori Hasan, sedangkan menurut Imam Ibnu Majah termasuk kategori Shahih.

Baca juga :  Doa Ziarah Kubur Orang Tua Kita

Dalam hadits ini juga terdapat lanjutan keutamaan membaca doa ketika masuk pasar sebagaimana tertulis berikut ini:

كَتَبَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَبَنَى لَهُ قَصْرًا فِي الْجَنَّةِ

“Allah akan menuliskan baginya satu juta kebaikan, menghapuskan darinya satu juta kesalahan, dan meninggikannya satu juta derajat. (Dalam riwayat lain) dan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.”

Semoga bermanfaat. (M. Zidni Nafi’)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.