Doa Melupakan Mantan Agar Hati Bisa Move On

Doa Melupakan Mantan Pacar dalam Islam – Perasaan menyukai lawan jenis merupakan fitrah manusia, entah kalangan tua maupun muda. Tidak jarang beberapa orang menjalin suatu ikatan perasaan suka sama suka yang sering disebut “pacaran”. Kendati bukan ajaran Islam, tapi pacaran seolah-olah telah menjadi ‘budaya umum’ di masyarakat.

Terlepas dari pro-kontra, hubungan pacaran terkadang tidak sampai pelaminan alias kandas di tengah jalan akibat berbagai faktor, seperti ada yang berkhianat, selingkuh, sudah tidak cocok, ditinggal kawin, dan lain sebagainya. Sehingga orang yang dipernah dipacari disebut “mantan pacar”.

Kandasnya hubungan itulah yang kemudian membuat beberapa orang sulit melupakan mantan kekasih atau pacar. Gejalanya ada yang merasa sangat sedih, galau, kecewa, depresi, dan lain-lain.  Kalau dalam bahasa anak muda zaman sekarang dikatakan “susah move on”.

Baca juga :  Doa Agar Mendapatkan Jodoh Idaman
Baca juga :  Hitungan Jodoh dalam Weton Masyarakat Jawa

Dalam Islam, terdapat amalan doa yang dapat dibaca untuk menguatkan hati yang patah, galau dan kecewa, akibat beberapa masalah, contohnya seperti putus dari kekasih atau pacar.

Berikut ini doa melupakan mantan pacar agar bisa move on sebagaimana doa untuk mengobati hati dalam Islam sesuai sunnah.

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Latin: Allahumma musharrifal qulub, sharrif qulubana ila tha‘atika.

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu.” (HR. Muslim).

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Latin: Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala dinika.

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (HR. al-Nasa’i, Tirmudzi, ).

Baca juga :  Doa kepada Orang yang Berkata: Aku Cinta Kamu Karena Allah
Baca juga :  Kitab Fathul Izar Tentang Tata Cara Hubungan Intim

Selain doa yang diambil doa Rasulullah dalam hadits, doa yang ada dalam Al-Qur’an ini juga dapat menguatkan hati sehingga bisa cepat melupakan mantan pacar/kekasih yang berakibat galau, sedih, kecewa:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Latin: Rabbana la tuzigh qulubana ba‘da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antal wahhab.

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia).” (QS. Ali ‘Imran [3]: 8)

Demikian doa melupakan mantan pacar/kekasih agar hati cepat bisa move on. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. (M. Zidni Nafi’)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *