Doa Menyambut Ramadhan agar Mendapatkan Keselamatan

Di bulan Rajab dan Sya’ban, umat Islam di seluruh dunia gembira karena antusias atas kedatangan bulan suci Ramadhan. Maka, alangkah baiknya setiap muslim untuk membaca doa menyambut Ramadhan atau doa menjelang Ramadhan sebagai wujud harapan dan rasa syukur sebab dipertemukan kembali dengan bulan yang berisi limpahan rahmat dan ampunan Allah.

Abu Ja’far bin Ali meriwayatkan bahwa Rasulullah setiap menjelang pergantian bulan baru selalu berdoa:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya:

Allah Maha Besar. Ya Allah, masukkan kami ke bulan baru dengan disertai rasa aman dan penuh keimanan, keselamatan dan keislaman, pertolongan untuk melaksankan ibadah yang dicintai dan diridai Tuhan kami. Rabb kami dan Rabbmu adalah Allah. (HR. Ibnu Hibban)

Khusus untuk menyambut bulan suci Ramadhan, berikut bacaan doa yang bisa amalkan:

اللَّهُمَّ أَهْلَّهُ عَلَيْنَا بِاليُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلِّلَةِ
وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصلَاةِ وَالصيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنَا لِرَمَضَانَ، وَسَلَّمَهُ لَنَا، وَسَلَّمَهُ مِنَّا حَتَّى يَخْرُجُ رَمَضَانَ وَقَدْ غَفَرْتَ لَنَا وَرَحْمَتُنَا وَعَفَوْتَ عَنَّا

Artinya:

“Ya Allah, masukkan kami ke bulan Ramadhan dengan disertai rasa aman dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang agung, perlindungan dari penyakit, pertolongan untuk mendirikan sholat, puasa dan membaca Al-Quran.”

“Ya Allah, serahkan kami pada Ramadan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramdan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami.”

Demikian doa menyambut Ramadhan agar mendapatkan keselamatan yang melimpah sehingga dapat menjalani bulan suci dengan maksimal, istiqomah, dan ikhlas. Marhaban Ya Ramadhan.

Baca juga :  Doa Menyambut Bulan Rajab Sya'ban dan Ramadhan
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.