Doa Sebelum Belajar Robbisrohli Sodri Wayassirli Amri

Dalam proses pembelajaran, para siswa dianjurkan untuk membaca doa agar mendapatkan ilmu yang manfaat dan berkah. Melalui berdoa, seseorang dapat memohon kepada Allah supaya dibuka hati dan pikirannya sehingga mudah memahami pelajaran dari guru.

Berikut ini doa sebelum belajar bacaan Robbisrohli Sodri Wayassirli Amri:

Doa Robbisrohli sodri

Latin: Robbisrohli sodri wayassirli amri, wahlul ‘uqdatam mil lisaanii yafqahu qoulii.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thoha: 25-28)

Baca juga :  10 Adab dan Tugas yang Harus Dimiliki oleh Pencari Ilmu
Belajar dalam Islam

Belajar adalah kewajiban bagi setiap insan, bahkan Islam memerintahkan mencari ilmu sejak lahir hingga ajal menjemput. Dengan memiliki ilmu atau belajar di sekolah, menjadi salah satu yang membedakan manusia dengan binatang.

Dalam agama Islam, mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap orang, dimulai sejak lahir hingga ajal menjemput. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ

Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi.

Arti: “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat.”

Baca juga :  Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Di samping itu, orang berilmu juga mendapatkan derajat yang luhur di hadapan Allah Swt., sebagaimana firman-Nya pada ayat berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadilah: 11)

Baca juga :  Waktu yang Paling Baik untuk Belajar Menurut Tradisi Pesantren

Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang keutamaan orang yang pergi untuk mencari ilmu:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Demikian doa sebelum belajar bacaan Robbisrohli Sodri Wayassirli Amri agar hati para pelajar bersih dan terbuka untuk menerima ilmu yang manfaat dan berkah. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. (M. Zidni Nafi’)

Baca juga :  ‘Ngaji’ kepada Dua Hewan Ini Bisa Menjadi Orang Hebat
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *