Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqa

Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqa

Berikut akan menampilkan Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqa. Belajar adalah salah satu perbuatan mulia. Belajar atau menuntut ilmu sangat penting bagi setiap umat muslim.

Dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. Menerangkan pentingnya belajar atau menuntut ilmu bagi setiap muslim baik laki-laki dan perempuan. Berikut ini hadisnya:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (H.R. Al-Baihaqi)

Ketika belajar, umat muslim dianjurkan untuk selalu membaca doa baik sebelum dan sesudahnya. Membaca doa ini sangat penting agar mendapatkan keberkahan ilmu dari Allah swt.

Berikut ini doa sesudah belajar

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”.

Keutamaan Belajar

1. Dimudahkan Jalan ke Surga

 وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2)

Baca juga :  Doa Ziarah Kubur Orang Tua Kita

2. Memperoleh Derajat yang Tinggi

Hadis mencari ilmu lain juga menunjukan tingginya derajat  orang berilmu dari pada manusia lainnya. Rasulullah SAW bersabda:

Dari Ibnu Abbas radliallahu anhu: ketika menafsirkan ayat : (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. al-mujadalah:11); dia berkata maksudnya adalah “Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat”. (HR. Darimi) No. 356.

3. Dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW juga mendoakan orang yang mencari ilmu: Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadits dariku lalu menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu.” (HR. Abu Daud)

Demikian doa sesudah belajar Allahumma Arinal Haqqa. Semoga bermanfaat. (AL)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *