Download Fatwa MUI tentang Vaksin Sinovac PDF

Fatwa MUI vaksin sinovac

Download Fatwa MUI tentang Vaksin Covid-19 Sinovac PDF –  Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat akhirnya menetapkan bahwa Vaksin virus corona ( Covid-19 ) produksi Sinovac sebagai produk yang suci halal dan suci. Ketetapan ini muncul setelah MUI menggelar rapat pleno secara tertutup di Hotel Sultan, Jakarta pada Jumat (08/01). Hanya saja, untuk penggunaan vaksin ini masih menunggu izin keamanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Yang terkait aspek kehalalan, setelah dilakukan diskusi panjang penjelasan auditor, rapat Komisi Fatwa menyepakati bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience Co yang sertifikasinya diajukan Biofarma suci dan halal,” ungkap Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Asrorun Niam Sholeh, Jumat (08/01), sebagaimana dilansir dari situs resmi MUI.

Baca juga :  Hukum Menikahi Wanita Hamil di Luar Nikah Menurut 4 Madzhab
Baca juga :  Jomblo Harus Tahu, Perbedaan Hukum Nikah dalam Pandangan 4 Mazhab

Menurut Asrorun Niam, walaupun Vaksin Covid-19 produksi Sinovac sudah halal dan suci, tapi penggunaannya masih menunggu keputusan BPOM yang berkaitan tentang keamanan (safety), kualitas (quality), dan kemanjuran (efficacy).

“Akan tetapi terkait kebolehan penggunaannya, ini sangat terkait dengan keputusan mengenai aspek keamanan, kualitas, dan efficacy BPOM. Fatwa utuhnya akan disampaikan setelah BPOM menyampaikan mengenai aspek keamanan untuk digunakan, apakah aman atau tidak,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa rapat yang diikuti pimpinan dan anggota Komisi Fatwa MUI Pusat tersebut, hanya membahas menetapkan kesesuaian syariah Vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac Lifescience Co. Ada tiga vaksin produksi Sinovac yang didaftarkan yaitu Coronavac, Vaccine Covid-19, dan Vac2 Bio.

“Artinya yang kita bahas hari ini adalah mengenai produk vaksin Covid-19 dari produsen Sinovac ini bukan yang lain. Pembahasan diawali dari audit dari auditor,” tuturnya.

Baca juga :  Doa Agar Cepat Sembuh dari Virus Corona
Baca juga :  Dianggap Virus Biasa, Gus Mus: Corona Bukan Virus Abal-Abal

Dokumen Fatwa Vaksin Covid-19

Berikut ini link untuk DOWNLOAD (unduh) dokumen resmi Fatwa MUI tentang Vaksin virus corona Covid-19 dari Sinovac ( PDF ):

Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 tentang produk vaksin covid 19 dari Sinovac – Bio Farma

Berkas fatwa ini berisi tentang keputusan MUI Nomor 02 Tahun 2021 yang berdasarkan pada Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi Saw, dan kidah-kaidah fikih.

Selain itu, fatwa MUI tentang vaksin Covid – 19 tersebut juga memperhatikan beberapa dasar lain berikut:

  1. Pendapat para ulama yang berkaitan dengan benda-benda yang halal-haram dan najis-suci;
  2. Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi;
  3. Fatwa MUI Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penggunaan Mikroba Dan Produk Mikrobial dalam Produk Pangan;
  4. Fatwa MUI Nomor 45 Tahun 2018 tentang Penggunaan Plasma Darah Untuk Bahan Obat;
  5. Laporan dan Penjelasan Hasil Audit Tim Auditor LPPOM MUI bersama Komisi Fatwa MUI ke Sinovac Life Sciences Co. Ltd. China dan ke PT. Bio Farma (Persero).
  6. Pendapat peserta rapat Komisi Fatwa;
  7. Keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI
Baca juga :  Doa Agar Dapat Melunasi Hutang Dengan Cepat
Baca juga :  Doa Agar Mendapatkan Jodoh Idaman
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.