Download Ratibul Haddad Lengkap PDF

Download Dzikir Ratibul Haddad PDF – Ratibul Haddad adalah salah satu kumpulan bacaan dzikir yang sering dibaca oleh kalangan masyarakat Muslim terutama di Indonesia. Penyusun Ratib ini adalah seorang ulama masyhur dari Hadramaut Yaman, yakni Syekh Abdullah bin ‘Alawi bin Muhammad al-Haddad.

Menurut M. Ali Zainal Abidin seperti dilansir situs NU Online, karya tulis Syekh Abdullah al-Haddad terbilang cukup banyak dan tersebar di berbagai penjuru dunia. Di antaranya adalah an-Nashaih ad-Diniyah, Risalah al-Mu’awanah, an-Nafais al-‘Alawiyah fi al-Masa’il as-Shufiyah.

Sejarah Ratibul Haddad

Ratibul Hadad disusun pada tahun 1071 Hijriah. Penyusunan itu bermula ketika para pemuka Hadramaut merasa khawatir akan masuknya kelompok Syiah Zaidiyah di wilayah Hadramaut. Mereka khawatir aqidah Syiah Zaidiyah akan mempengaruhi terhadap keyakinan orang awam yang sejak lama berpegang teguh pada aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah yang telah diajarkan oleh para Salafus Shalih.

Berdasarkan hal ini, mereka menghadap kepada al-Qutb Abdullah bin ‘Alawi al-Haddad agar diberi bacaan supaya hal yang mereka khawatirkan tidak terjadi. Tidak lama berselang, beliau pun menuliskan wirid yang nantinya dikenal dengan nama Ratibul Haddad ini. Semenjak saat itu, bacaan Ratibul haddad banyak dibaca di berbagai tempat di berbagai belahan dunia, sampai saat ini.

Baca juga :  Download Kitab Safinah Bahasa Sunda PDF
Download Klik >> Ratib Al-Haddad Lengkap PDF
Keutamaan Ratibul Haddad

Dzikir Ratibul Haddah mempunyai cukup banyak keutamaan atau faedah. Berikut keterangan Syekh Abu Bakar bin Ahmad al-Maliabar dalam al-Imdad bi Syarhi Ratib al-Haddad. Beliau menerangkan tentang berbagai kuatamaan bagi yang mengamalkan ratibul haddad:

“Penjelasan yang dikutip dari para ulama yang mensyarahi Rotib ini dari penyusun Ratib, Syekh Abdullah bin ‘alawi al-Haddad Radliyallahu ‘anhu bahwa orang yang rajin membaca rotib ini maka Allah akan menjaga negaranya dari beberapa cobaan dan siksaan. Faedah lainnya, bertambahnya kekayaan, barokah dan kebaikan di rumahnya.

Orang yang rajin membaca Ratibul Haddad setiap hari, maka tidak akan bahaya baginya racun, hewan buas, reptil dan hewan-hewan lainnya. Faedah yang lain dari membaca ratib ini bahwa akan hasil baginya husnul khotimah. Dan Allah akan memberikan pertolongan baginya untuk mengucapkan kalimat syahadat (di akhir khayatnya).”

Download Ratibul Haddad PDF

Bagi Muslim yang hendak membaca amalan Ratib, berikut link untuk download teks bacaan Ratibul Haddad lengkap (PDF):

Download Klik >> Ratibul Haddad PDF

There are 2 comments for this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *