Dzikir Pagi dan Petang PDF

Dzikir adalah aktivitas bernilai ibadah bagi Muslim untuk mengingat Allah SWT. Dengan melafalkan nama-nama Allah melalui kalimat-kalimat thayyibah, hati dan pikiran Muslim akan menjadi tenang sebab selalu ingat Allah sebagai Dzat yang menciptakan manusia dan alam semesta.

Kitab suci Al-Qur’an menyebutkan kata dzikir sebanyak 267 kali dalam berbagai bentuk kata. Hal ini menunjukkan bahwa kita dianjurkan untuk berdzikir setiap hari bahkan setiap saat. Tentu saja dengan tujuan dalam rangka untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat (sa’adah al-darain). Keterangan ini sebagaimana firman Allah:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d [13]:28)

Berikut ini link untuk download bacaan Dzikir pagi dan petang (sore) sesuai sunnah dalam format PDF:

Dzikir Pagi dan Petang Sesudah Sholat PDF

Waktu Dzikir

Mambaca dzikir bisa kapanpun waktunya, akan tetapi terdapat waktu yang paling utama untuk berdzikir yaitu pada waktu pagi dan perang.

Dzikir pada waktu pagi hari dapat membuat kita menjadi lebih semangat. Sedangkan melantunkan dzikir di waktu petang, Allah akan memudahkan segala urusan yang kita punya dan menjauhkan kita dari bahaya di malam hari.

Kapankah waktu dzikir pagi dan petang?

Waktu utama dzikir di pagi hari yaitu pada saat masuk waktu subuh hingga matahari terbit (namun boleh juga dibaca sampai waktu mendekati waktu dhuhur). Sedangkan, waktu utama dzikir pada waktu petang yaitu pada rentang waktu Maghrib sampai pertengahan malam sekitar pukul 11 malam.

Semoga kita selalu istiqomah mengamalkan dzikir dan berharap senantiasa mendapatkan keberkahan dan keselamatan dari Allah Ta’ala. Amin Ya Rabbal ‘Alamin. (M. Zidni Nafi’)

There is 1 comment for this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *