Filosofi Logo Hari Santri 2021: Santri Siaga Jiwa Raga

IQRA.ID, Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara resmi meluncurkan (launching) rangkaian peringatan Hari Santri 2021 dengan tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’, pada Selasa (21/9) lalu.

Menurut Menag yang akrab disapa Gus Yaqut itu, logo Hari Santri 2021 kali ini memiliki desain warna-warni yang memberikan kesan lebih fresh. “Dan kalau kita perhatikan tiap bagian logo ini, menggambarkan berbagai aktivitas yang seringkali dilakukan kaum santri, dan filosofinya sangat dalam juga,” ungkap Menag.

Pertama, logo menggambarkan posisi sholat. Ini menggambarkan bahwa para kaum santri senantiasa berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga. “Kedua, ada yang menggambarkan posisi sujud. Sujud sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu,” ujar Menag, seperti dikutip dari situs resmi Kemenag.go.id.

Gambar Filosofi Logo Hari Santri 2021: ‘Santri Siaga Jiwa Raga’

Ketiga, lambang yang menunjukkan dua orang saling menangkupkan tangan. Ini menunjukkan kebersamaan yang memiliki makna bahwa santri selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.

Keempat, lambang yang menunjukkan simbol semangat. Ini merupakan keyakinan kaum santri bahwa dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai. Terakhir, menunjukkan simbol seseorang yang berbagi. “Ini menunjukkan para santri berbagi untuk sesama, dan berbagi untuk Indonesia,” jelas Menag.

Baca juga :  Kemenag Akan Gelar Pameran Pesantren Virtual, Berikut Ini Ketentuan Daftarnya

Ia menambahkan, bahwa warna-warni pada logo Hari Santri 2021 merupakan gambaran dari luapan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan Ilahi Rabbi.

Logo Hari Santri 2021 dapat diunduh pada tautan berikut ini:

Klik >> DOWNLOAD

There is 1 comment for this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *