Fi’lu Kulli Mumkinin Au Tarkuhu Artinya

Setiap Muslim wajib mengetahui sifat-sifat wajib, mustahil (muhal), dan jaiz bagi Allah. Artikel ini akan memberikan penjelasan bab tauhid tentang sifat jaiz Allah Ta’ala, yang berbunyi Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu.

Sifat ini perlu muslim ketahui karena berkaitan dengan keimanan kita sebagai hamba Allah. Apalagi ada dampak yang sangat fundamental dalam setiap perilaku orang mukmin.

Landasan Iman Kepada Allah

Bila kita bertanya tentang dalil beriman kepada Allah, tentunya Al-Qur’an telah menyebutkan tentang wujud dan keberadaan Allah. Berikut ini beberapa ayat yang bisa menjadi dalil atau dasar iman kepada Allah:

Qur’an Surat Al-Qashash ayat 30:

إِنَّ رَبَّكُمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ ٱسْتَوَىٰ عَلَى ٱلْعَرْشِ يُغْشِى ٱلَّيْلَ ٱلنَّهَارَ يَطْلُبُهُۥ حَثِيثًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ وَٱلنُّجُومَ مُسَخَّرَٰتٍۭ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ أَلَا لَهُ ٱلْخَلْقُ وَٱلْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”

Qur’an surat An-Nisa’ ayat 136:

Baca juga :  Waspadalah, Ini 5 Penyebab Dosa Kecil Menjadi Dosa Besar

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

“Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.”

Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 22:

لَوْ كَانَ فِيهِمَآ ءَالِهَةٌ إِلَّا ٱللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ رَبِّ ٱلْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.

Sifat Jaiz Allah

Maksud dari sifat ini adalah hak prerogatif Allah untuk melakukan segala sesuatu atau tidak melakukannya. Adapun tulisan dan artinya yaitu:

فِعْلُ كُلِّ مُمْكِنٍ اَوْ تَرْكُهُ

Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu.

Artinya: “Mengerjakan segala sesuatu yang mungkin atau meninggalkannya.”

Fi'lu Kulli Mumkinin Au Tarkuhu ARTINYA

Dalam kitab Jawahirul Kalamiyah, Syekh Thahir Al-Jazairy menerangkan bahwa pengertian sifat jaiz bagi Allah adalah:

Baca juga :  Pengertian Iman kepada Allah Beserta Dalilnya

هي فعل الممكنات وتركها، مثل أن يجعل الإنسان غنيا أو فقيرا، صحيحا أو سقيما، وأشباه ذلك

Sifat Jaiz bagi Allah Ta’ala adalah melakukan hal-hal yang mungkin dan (atau) meninggalkannya, seperti dijadikannya manusia itu kaya atau miskin, sehat atau sakit, dan lain sebagainya.

Hikmah Beriman kepada Allah

Ada hikmah-hikmah bagi orang yang beriman kepada Allah. Hal ini sebab beriman kepada Allah itu salah salah satu rukun iman, maka mempelajarinya adalah kewajiban.

Lalu, apa saja hikmahnya? Berikut hikmah yang kita dapatkan tatkala beriman kepada Allah:

  1. Semakin mengenal Tuhan semesta alam, yakni Allah SWT.
  2. Meningkatkan akhlak mulia, rendah hati dan semakin menghargai sesama muslim
  3. Memiliki rasa kepedulian yang lebih tinggi.
  4. Allah akan mengampuni dosa dan ia pun akan memperoleh pahala yang besar karena kepatuhan dan ketaatannya melaksanakan perintah Allah.
  5. Tidak akan menyekutukan Allah dan semakin merasa tahu diri.

Demikian penjelasan tentang sifat jaiz bagi Allah. Semoga bermanfaat. Amin.

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.