Hikmah Bersuci dalam Islam

Islam adalah agama yang sangat memerhatikan segala aspek kehidupan manusia, mulai dari sesuatu yang kecil namun mempunyai dampak besar yaitu bersuci. Baik ketika melakukan hadas kecil maupun besar, sampai dengan sesuatu yang bersifat universal semuanya diperhatikan oleh Islam. Dalam Islam sendiri terdapat beberapa macam bersesuci, misalnya wudlu, tayamum, mandi dan mandi besar. Yang semuanya berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari, khususnya bagi umat Islam.

Hal tersebut dikarenakan bersuci adalah bagian dari syarat mutlak dalam berbagai ritual ibadah yang ada dalam Islam. Oleh karena itulah, dengan disyariatkannya bersesuci dalam Islam terdapat berbagai hikmah di dalamnya.

Di antaranya adalah sebagaimana dijelaskan oleh oleh Mustafa Said Khan dalam kitabnya Al-fiqh Al-Manhaji Ala Mazhab Syafi’i. Pertama, bahwasanya  bersuci merupakan pengakuan Islam terhadap fitrah manusia, karena manusia adalah makhluk yang condong pada kebersihan dan menghindar dari hal-hal yang bersifat kotor serta menjijikkan. Sehingga Islam sebagai agama yang universal, memerintahkan pemeluknya untuk bersuci.

Kedua, untuk menjaga kemuliaan umat Islam, karena tabiat manusia pasti ingin berada di dalam tempat yang bersih dan tidak suka berada di tempat yang kotor serta menjijikkan. Oleh karena itulah, supaya bisa berkumpul dengan sesamanya dan menjaga hubungan dengan harmonis, maka kebersihan menjadi hal penting dalam diri manusia.

Baca juga :  Ukuran Bayar Zakat Fitrah Berapa Liter Beras? Ini Penjelasannya

Hal tersebut dimaksudkan, agar manusia bisa berkumpul dengan dengan sesamanya dan saling menghormati antar sesama tanpa ada rasa saling mencurigai satu sama lainnya.

Ketiga, hikmah bersuci adalah mempunyai dampak pada kesehatan seseorang. Hal tersebut dikarenakan, kebersihan merupakan faktor penting dalam diri manusia yang menjadikan dirinya bisa terhindar dari penyakit. Karena banyak sekali penyakit yang datang, diakibatkan kurangnya menjaga kebersihan pada diri sendiri ataupun pada lingkungan.

Oleh karena itu, dengan bersuci pada setiap waktu, seorang muslim atau muslimah selalu membersihkan anggota badannya atau dengan kata lain selalu menjaga kebersihan dirinya.

Bersuci juga bagian penting bagi seorang manusia ketika akan menghadap Tuhannya, khususnya bagi umat Islam ketika akan beribadah kepada Allah Swt. Maka sudah seharusnya, selalu berada dalam keadaan suci secara dhahir dan juga bathin. Hal tersebut dikarenakan, Allah Swt menyukai orang-orang yang menyucikan diri.

Keempat,  mendidik manusia supaya terbiasa hidup dalam keadaan bersih, dan mendidik menjadi seorang hamba yang berakhlak mulia serta menjadi manusia yang beriman. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Bersuci juga menjaga diri dari melanggar perintah agama, misalnya orang yang selesai berhubungan badan maka diharuskan mandi besar. Hal tersebut disyariatkan karena setelah melakukan hubungan badan, seseorang berada dalam keadaan kotor.

Baca juga :  Hukum Air yang Terkena Najis Baik Sedikit atau Banyak

Sehingga agar kembali suci dan sah ibadahnya, maka diwajibkan untuk mandi besar. Hal tersebut sekaligus memulihkan kembali kesegaran badan, dan ketika badan segar diharapkan rohani juga menjadi segar. Sehingga kembali  bersemangat dalam melakukan berbagai amal perbuatan yang disyariatkan oleh Allah Swt.

Bersuci adalah salah satu perintah atau amal perbuatan yang disyariatkan oleh Allah swt, dan setiap yang disyariatkan oleh Allah Swt pasti mempunyai hikmah, manfaat dan maslahah bagi manusia jika hal tersebut dilaksanakan. Baik manfaat tersebut bersifat langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itulah, sudah tidak perlu diperdebatkan tentang adanya hikmah dari disyariatkannya bersesuci dalam Islam.

Karena hal tersebut mempunyai manfaat baik bagi diri dan pola pikir seseorang. Karena pikiran seseorang akan melahirkan tindakan, tindakan seseorang akan melahirkan kebiasaan, dan kebiasaan seseorang akan melahirkan karakter. Jika seorang muslim sudah terbiasa menyucikan diri baik secara bathin maupun dzohir, tentu dalam kehidupan sehari-harinya juga akan megikutinya.

Karena nilai-nilai yang ada dalam agama, tidak hanya sekadar untuk direnungi dan didakwahkan saja, tetapi juga dipraktikkan bersama. Islam adalah agama yang bersih, oleh karena itu jagalah kebersihan. Dengan kebersihan, maka akan terwujud sebuah kehidupan yang sehat dan nyaman serta tentram.

Baca juga :  Rukun Puasa Ramadhan Lengkap
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.