Ini Amalan Menyiapkan Diri Menyongsong Bulan Ramadhan

Bulan Sya’ban adalah gerbang menuju bulan suci Ramadhan. Menyongsong Ramadhan tidak cukup hanya dengan suka cita, melainkan perlu menyiapkan amalan yang disiapkan sejak Sya’ban. Berikut ini adalah amalan-amalan yang bisa menjadi latihan sebelum Ramadhan tiba.

Puasa dan Baca Al-Qur’an

وَلَمَّا كَانَ شَعْبَانُ كَالْمُقَدِّمَةِ لِرَمَضَانَ شُرِعَ فِيْهِ مَا يُشْرَعُ فِي رَمَضَانَ مِنَ الصِّيَامِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ  

“Ketika Sya’ban seperti mukaddimah (pendahuluan) bagi Ramadhan, maka disyariatkan di bulan Sya’ban hal-hal yang disyariatkan di bulan Ramadhan, seperti puasa dan baca Al-Quran.” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Zakat

Pada masa sahabat, umat Islam pada bulan Sya’ban menyiapkan diri sebelum Ramadhan tiba dengan cara memperbanyak ibadah dan sedekah.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ انْكَبُّوْا عَلَى اْلمَصَاحِفِ فَقَرَؤُهَا وَأَخْرَجُوْا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ تَقْوِيهَةً لِلضَّعِيْفِ وَالْمِسْكِيْنِ عَلَى صِيَامِ رَمَضَانَ

Diriwayatkan dari Anas berkata, “bahwa umat Islam ketika masuk bulan Sya’ban, maka senantiasa membaca al-Quran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa.” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Aman-amalan di atas berguna untuk latihan awal secara lahir maupun batin sebelum seorang mukmin memasuki bulan Ramadhan. Dengan latihan tersebut, diharapkan seseorang dapat memaksimalkan hari-hari di bulan suci dengan konsisten, giat, dan ikhlas. Marhaban Ya Ramadhan. (mzn)

Baca juga :  Dakwah ala NU Hadir di "Sahur Time" Kompas TV Selama Ramadhan
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.