Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Jakarta

Berikut ini jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H / 2021 M untuk wilayah Kota Jakarta dan sekitarnya. Jadwal ini berisi tentang beberapa informasi terutama mengenai waktu imsak (sahur) dan buka puasa.

Selain itu, lembaran memuat juga perihal waktu sholat wajib maupun sunnah, yakni Subuh, Dhuha, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Dengan begitu, setiap Muslim di sekitar Jakarta dapat menggunakan jadwal sebagai pedoman dalam beribadah.

Awal Ramadhan 1442 H

Tahun ini mayoritas umat Muslim Indonesia memulai awal puasa Ramadhan pada hari Selasa 13 April 2021. Organisasi keislaman (ormas) seperti Muhammadiyah telah menetapkan ini jauh sebelum bulan suci tiba.

Sedangkan ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU) meski sudah mempunyai hisab (hitungan) kalender Hijriah, namun masih menunggu Sidang Isbat Pemerintah berdasarkan rukyah hilal pada akhir bulan Sya’ban untuk menetapkan awal bulan Ramadhan. Meski begitu, kemungkinan besar, awal puasa tahun ini akan ditetapkan pada 13 April.

Silahkan download jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 M / 1442 H untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya:

Imsakiyah Ramadhan 2021 Jakarta

Sumber jadwal: Suaramuhammadiyah.or.id

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

Berdasarkan surat edaran dari Pemerintah melalui Kementerian Agama berisi tentang panduan menjalankan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 1442 H, bahwa dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta memberikan rasa aman kepada umat Islam, maka dibutuhkan panduan ibadah Ramadan yang memenuhi aspek syariat dan protokol kesehatan.

Baca juga :  Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Semarang

Tujuan edaran ini adalah untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko COVID-19.

Adapun isi panduan dalam edaran tersebut antara lain:

  • Sahur dan buka puasa dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti.
  • Dalam hal kegiatan Buka Puasa Bersama tetap dilaksanakan harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan.
  • Pengurus masjid/mushala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain:
    a. Shalat fardu lima waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Al-Qur’an, dan iktikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas masjid/mushala dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga jarak aman 1 meter antarjamaah, dan setiap jamaah membawa sajadah/mukena masing-masing;
    b. Pengajian/Ceramah/Taushiyah/Kultum Ramadan dan Kuliah Subuh paling lama dengan durasi waktu 15 (lima belas) menit;
    c. Peringatan Nuzulul Qur’an di masjid/mushala dilaksanakan dengan pembatasan jumlah audiens paling banyak 50% dari kapasitas.
  • Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H / 2O21 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Kecuali jika perkembangan COVID-19 semakin negatif (mengalami peningkatan) berdasarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk seluruh wilayah negeri atau pemerintah daerah di daerahnya masing-masing.
Baca juga :  Jadwal Imsakiyah 2021 Jakarta PDF

Demikian penjelasan tentang jadwal ibadah bulan Ramadhan terutama waktu imsak dan buka puasa untuk wilayah Kota Jakarta dan sekitar. Semoga bermanfaat. (MZN)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *