Jawaban Gus Baha Ketika Ditanya, ‘Siapakah Sebenarnya Rukhin dan Musthofa, Gus?’

Rukhin dan musthofa santri gus baha

Ulama ahli Tafsir dan Al-Qur’an asal Rembang KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dalam suatu kajian mendapatkan pertanyaan dari netizen yang disampaikan melalui Najwa Shihab: “Siapa Kang Rukhin dan Kang Musthofa yang sering disebut-sebut Gus Baha?”

Berikut jawaban Gus Baha:

Dia orang beneran. Saya kan termasuk orang yang menghindari acara-acara publik, kecuali masih pernah sepuh (saudara) atau guru. Sehingga dulu ngaji saya istiqomah di Jogja dan di rumah (pesantren di Kragan, Narukan, Kab. Rembang).

Dulu saya kerja UII Press tapi sambil ngaji. Singkat cerita, dua orang (Rukhin dan Musthofa) ini termasuk yang pertama ikut ngaji ketika masih di kontrakan.

Karena adatnya pondok itu gojlok-gojlokan (menggojlok), jadi ya akrab betul. Mereka anggap saya gurunya, tapi berani makan di depan saya dan berani apa saja karena akrab.

Dan saya mengenang Nabi juga gampang saja, ketika ada sahabat digojlok Nabi, sampai ada sahabat dipanggil Nabi dengan sebutan “Abu Hurairah” (bapaknya kucing kecil betina) atau “Abu Hirrin” (bapaknya kucing jantan). Jadi ceria sekali.

Memang harus ada yang diajak lawan bicara, tapi memang teman akrab. Sampai sekarang anaknya (Rukhin dan Musthofa) mondok di tempat saya.

Baca juga :  Istri Gus Baha, Putri Kiai Pesantren Sidogiri
Baca juga :  50 Kata Kata Bijak Gus Baha
Baca juga :  10 Quotes Gus Baha tentang Istri
Baca juga :  8 Quotes Gus Baha tentang Cinta
Baca juga :  10 Quotes Gus Baha tentang Hidup Bahagia
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *