Keistimewaan Fatimah binti Rasulullah Saw

Keistimewaan Fatimah binti Rasulullah Saw

Fatimah adalah putri Rasulullah yang memiliki keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya itu, beliau kemudian mendapat julukan Fatimah az-Zahra (Fatimah yang selalu berseri). Penyebutan nama itu berkaitan dengan keadaan suci Fatimah.

Dalam fikih Mazhab Syafi’i, siklus terpanjang masa suci perempuan (الطهر بين الحيضتين) tidak ada batasnya. Ternyata Mazhab Syafi’i mendasarkan masalah itu dari pengalaman hidup putri Rasulullah Saw, Fatimah Az-Zahra.

Menurut Abu Qasim al-Ghozzy, Allah sengaja menakdirkan putri Rasulullah ini tidak pernah menstruasi supaya beliau setiap waktu dapat beribadah kepada Allah dan tidak mengalami halangan seperti perempuan umumnya.

Bahkan ketika beliau melahirkan putra kembarnya, Hasan-Husain, waktunya pun “dibuat” beberapa detik sebelum terbenamnya matahari.

Kenapa demikian? Sebab beliau hanya mengeluarkan darah nifas sedikit sekali dan langsung bersih. Menurut riwayat beliau sudah kembali mengerjakan shalat Maghrib beberapa saat kemudian.

Karena keistimewaan Fatimah dan kemuliaannya inilah putri Rasulullah ini mendapat julukan “Az-Zahra”. Wallahu a’lam bis shawab.

Baca juga :  Fathimah, Teladan Seluruh Muslimah
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *