Khutbah Idul Adha dalam Bahasa Jawa 2020

Berikut ini adalah kumpulan khutbah Idul Adha dalam Bahasa Jawa yang bisa digunakan pada tahun 2020. Saat ini umat Islam di seluruh dunia sedang bersuka cita sebab Hari Raya Idul Adha telah di depan mata. Salah satu yang sering dirindukan yakni mengikuti jamaah sholat Id terutama di kampung halaman.

Hukum Sholat Id adalah sunnah muakkad. Meski demikian, tidak jarang ibadah ini memberi kesan tersendiri bagi Muslim yang dalam setahun hanya dilaksanakan 2 kali. Yakni, saat tanggal 1 Syawal dan 10 Dzulhijjah dalam kalender tahun Hijriyah.

Di antara rukun Sholat Id yakni adanya khutbah yang dilaksanakan setelah sholat. Pada saat khatib menyampaikan isi khutbanya, ia kerap kali menyampaikan pesan-pesan yang menyentuh kepada jemaah tentang berbagai sendi kehidupan. Setelah itu, para jemaah saling bersalaman untuk saling memaafkan atas segala kesalahan sealam ini. Itulah mengapa momen hari raya selalu dinantikan oleh Muslim di mana pun berada.

Berikut download kumpulan khutbah Idul Adha dalam Bahasa Jawa pdf yang bisa digunakan pada tahun 2020:

Khutbah Idul Adha Jawa (1)

Khutbah Idul Adha Jawa (2)

Khutbah Idul Adha Jawa (3)

Khutbah Idul Adha Jawa (4)

Khutbah Idul Adha Jawa (5)

Baca juga :  Naskah Khutbah Idul Adha 2020 Terbaru
Baca juga :  Protokol Penyembelihan Hewan Kurban di Masa Pandemi Corona
Tentang Khutbah ‘Id

Pelaksanaan Khutbah Idul Adha dilakukan sesudah menunaikan 2 rakaat sholat ‘Id. Demikian ini berbeda dengan khutbah pada sholat Jumat yang dilaksanakan sebelum menunaikan sholat.

Adapun hadits-hadits yang menjelaskan tentang khutbah saat Sholat ‘Id di antaranya sebagai berikut:

Keterangan dari sahabat Ibnu Abbas yang berkata:

شَهِدْتُ الْعِيدَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَكُلُّهُمْ كَانُوا يُصَلُّونَ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

“Aku menghadiri shalat Id bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, Umar dan Utsman Radhiyallahu ‘anhum. Semua mereka melakukan shalat sebelum khutbah.” (HR. Bukhari 963, Muslim 884 dan Ahmad 1/331 dan 346)

Lalu keterangan dari Ibnu Umar bahwa ia berkata:

إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرُ كَانُوْا يُصَلُّونَ الْعِيدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar dan Umar menunaikan shalat Idul Fithri dan Idul Adha sebelum khutbah.” (HR. Bukhari 963, Muslim 888, At-Tirmidzi 531, An-Nasa’i 3/183, Ibnu Majah 1276 dan Ahmad 2/12 dan 38)

Demikian lampiran tautan yang memuat kumpulan khutbah Idul Adha bahasa Jawa beserta keterangan haditsnya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. (M. Zidni Nafi’)

Baca juga :  Fatwa PP Muhammadiyah tentang Sholat Idul Adha di Rumah
Baca juga :  Pesan Gus Mus kepada Warga NU Tentang Bahaya Corona
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *