Apik dan Mendidik

Kirim Artikel

Penjelasan Rubrik

  • Qiraah. Tayang setiap hari. Tulisan tentang hal-hal menarik, berwawasan, dan sedang kontekstual. Bisa tema keislaman, kebudayaan, filsafat, dan isu-isu mutakhir lainnya.
  • Sastra. Tayang setiap hari. Jenisnya berupa sastra pesantren, puisi, syair, cerpen, profil sastrawan, atau kritik sastra.
  • Reportase. Tayang setiap hari. Berupa berita atau kabar yang dikemas dengan prinsip jurnalisme.
  • Khatabah Millenial. Tayang setiap hari. Hampir sama dengan tulisan esai tapi lebih reflektif dan popular.
  • Teladan. Tayang seminggu tiga kali. Tulisan tentang biografi, hikmah, dan teladan sang tokoh.
  • Travelling/Ziarah. Tayang seminggu dua kali. Berupa catatan perjalanan Anda ke tempat yang asyik dan bersejarah atau berwisata religi.
  • Resensi. Tayang seminggu dua kali. Berupa ulasan tentang buku.

Ketentuan Penulisan

  1. Tema tulisan yang diusung iqra.id, yakni seputar keislaman, kebudayaan, sastra, filsafat, perjalanan, dan isu-isu mutakhir lainnya.
  2. Jumlah karakter artikel antara 500 hingga 900 kata, diketik dengan rapi sesuai EYD dengan format tulisan .doc (bukan .rtf). Kami menyarankan agar jumlah baris per paragraf tidak lebih dari 5 atau 6 baris dan mencantumkan sumber yang jelas di dalam tulisan.
  3. Pengiriman artikel harus disertai dengan foto penulis dan biodata singkat, yang terdiri dari nama, institusi, pekerjaan, dan minat/kajian penulis (Jika belum pernah mengirimkan tulisan sebelumnya). Ditulis di badan surel, bukan di file word
    Sertakan juga alamat sekarang, no telfon/no. whatsapp, no rekening (sesuai nama penulis) dan nama bank di badan surel (Bukan di file word). Sertakan juga akun media sosial, seperti Facebook, Twitter dan Instagram (jika ada).
  4. Artikel merupakan tulisan sendiri, bukan hasil penyuntingan, penerjemahan, atau penduplikatan karya orang lain.
    Setiap tulisan yang masuk sepenuhnya menjadi hak redaksi untuk mengedit dan memutuskan apakah suatu tulisan layak dimuat atau tidak dimuat.
  5. Artikel bisa dikirim melalui surel: redaksi@iqra.id dengan subjek: judul tulisan (_) rubrik yang dituju.
    Contoh: Karomah Kiai Sholeh Darat_TELADAN
  6. Jika setelah seminggu karya dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.
  7. Penulis yang karyanya dimuat di Iqra.id boleh menerbitkan ulang di media lain, minimal setelah satu minggu tayang di Iqra.id dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Iqra.id

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa: enEnglish