Kirim Artikel

Penjelasan Rubrik

  • Reportase:  memuat rilis berita atau kabar terkini skala nasional dan internasional terutama yang berkaitan dengan isu keagamaan dan kebangsaan.
  • Qiroah: memuat artikel yang berkaitan dengan topik Syariat (Fiqih Ubudiyah, Mu’amalah, Ushul Fiqih, Qawaid Fiqih), topik Aqidah (Tauhid, Ilmu Kalam, Teologi), topik Tasawuf (amaliah, tarekat, spiritualitas), topik Al-Qur’an & Hadits (tafsir, kajian tematik, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits), dan Filsafat (Kritik Sosial, Ulasan pemikiran filosof Muslim dan Barat, dll).
  • Sastra: memuat sastra pesantren, puisi, syair, cerpen, profil sastrawan, atau kritik sastra.
  • Milenial: memuat artikel yang reflektif dan popular, bisa tentang gaya hidup Islam, inspirasi, motivasi yang relevan dengan kalangan milenial.
  • Kolom: memuat artikel yang berkaitan dengan topik-topik wacana (pemikiran) agama, kebudayaan, khazanah pesantren, sejarah Islam, teladan dari tokoh agama/masyarakat, dan ziarah (makam wali, ulama, situs keislaman).
  • Resensi: memuat tulisan yang mengulas, membedah, atau meresensi suatu buku dan kitab kuning yang menarik, terutama buku-buku cetakan terbaru.
  • Keluarga: memuat tulisan yang berkaitan dengan topik keluarga sakinah (tips dan kajian keluarga harmonis, hubungan suami istri, pernikahan, dll), kesehatan (pengobatan Islami, pola hidup sehat, reproduksi, kesehatan psikologis, dll), dan topik pendidikan anak.
  • Perempuan: memuat tulisan yang berkaitan dengan perempuan dalam berbagai dimensi dan perspektif kajian (agama, budaya, sosial, pendidikan, kesehatan, sejarah, teladan, motivasi, dll).

Ketentuan Penulisan

  1. Jumlah karakter artikel antara 600 hingga 900 kata, diketik dengan rapi sesuai EYD dengan format tulisan .doc (bukan .rtf). Kami menyarankan agar jumlah baris per paragraf tidak lebih dari 5 atau 6 baris dan mencantumkan sumber yang jelas di dalam tulisan.
  2. Pengiriman artikel harus disertai dengan foto penulis dan biodata singkat, yang terdiri dari nama, institusi, pekerjaan, dan minat/kajian penulis (Jika belum pernah mengirimkan tulisan sebelumnya). Ditulis di badan surel, bukan di file word
    Sertakan juga alamat sekarang, nomor handphone (Whatsapp), nomor rekening (sesuai nama penulis) dan nama bank, di badan surel (Bukan di file word). Sertakan juga akun media sosial, seperti Facebook, Twitter dan Instagram (jika ada).
  3. Artikel merupakan tulisan sendiri, belum pernah dipublikasikan di media lain, bukan hasil penyuntingan, penerjemahan, dan penduplikatan karya orang lain.
  4. Setiap tulisan yang masuk sepenuhnya menjadi hak redaksi untuk mengedit dan memutuskan apakah suatu tulisan layak dimuat atau tidak dimuat.
  5. Artikel bisa dikirim melalui surel: redaksi@iqra.id dengan subjek: judul tulisan (_) rubrik yang dituju.
    Contoh: Pendidikan Karakter di Pesantren_KOLOM (Pesantren)
  6. Jika setelah seminggu karya dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.
  7. Pengirim artikel (Kontributor) wajib follow semua akun media sosial milik IQRA.ID: Instagram (@iqra.id_official), Facebook (iqra.id), Twitter (@iqraID_).

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa: English