Download Logo Nahdlatul Ulama PNG

Logo Nahdlatul Ulama PNG

Logo Nahdlatul Ulama PNG – Lambang Nahdlatul Ulama merupakan hasil istikharah KH Ridwan Abdullah. Selain sebagai seorang kiai yang alim, beliau juga memiliki kelebihan yang lain, yaitu terampil melukis. Dalam sejarah pembuatan lambang, beliau hanya diberi waktu satu setengah bulan untuk menyelesaikan tugasnya itu.

Download Logo Nahdlatul Ulama PNG

Download Logo NU png >> Klik https://iqra.id/wp-content/uploads/2020/10/Logo-NU-PNG-1.png

Makna Logo NU

Berikut deskripsi makna lambang dari Nahdlatul Ulama sebagaimana dijelaskan dalam Antologi Sejarah, Istilah, Amaliah, Uswah NU, sebagaimana dikutip dari situs NU Online:

1. Bola dunia adalah tempat manusia berasal dan tinggal. Hal ini sesuai dengan surat Thaha ayat 55.

2. Tali atau tambang yang mengelilingi bola dunia. Ini artinya adalah lambang ukhuwah, atau persaudaraan. Ini berdasarkan ayat 103 dalam surat Ali Imran.

3. Peta Indonesia terlihat. Meskipun NU menggunakan lambang bola dunia, tapi yang tampak di permukaan adalah peta Indonesia. Ini melambangkan NU didirikan di Indonesia, berjuang di Indonesia.

4. Dua simpul ikatan di bagian bawah melambangkan hubungan vertikal dengan Allah dan hubungan horizontal dengan sesama umat manusia.

5. Untaian tampar tambang yang berjumlah 99 melambangkan nama-nama terpuji bagi Allah (Asmaul Husna) yang berjumlah 99.

Baca juga :  Mari Simak, Diskusi Santri, Sains, & Teknologi: Menuju 100 Tahun Nahdlatul Ulama

6. Lima bintang di atas bola dunia. Bintang yang berada di tengah berukuran besar dibanding empat yang lainnya. Bintang paling besar itu melambangkan Rasulullah, sementara yang empat melambangkan sahabatnya yang mendapat julukan Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

7. Empat bintang di bawah bola dunia melambangkan empat imam mazhab Ahlussunah wal Jamaah yaitu Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Hanafi, dan Imam Hanbali.

8. Jumlah bintang secara keseluruhan ada sembilan. Ini bermakna Wali Songo (sembilan ulama penyebar Islam).

9. Tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab melintang di tengah bumi untuk menunjukkan nama organisasi tersebut, Nahdlatul Ulama, kebangkitan para ulama.

Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar mengatakan, huruf dladl pada tulisan Nahdlatul Ulama itu berukuran panjang, melintasi bola dunia. Hal ini melambangkan, NU akan men-dladl-kan dunia. Dladl bisa dimaknakan kepada hadits yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang paling pasih dalam mengucapkan huruf dladl.

10. Warna dasar lambang adalah hijau sebagai lambang kesuburan.

11. Tulisan berwarna putih sebagai lambang kesucian.

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *