Inilah 8 Masjid Tertua di Amerika Serikat yang Bikin Takjub

Tidak jelas kapan Muslim pertama benar-benar datang ke Amerika. Namun, banyak sejarawan percaya bahwa umat Islam paling awal berasal dari wilayah Senegambian Afrika pada awal abad ke-14. Ada juga yang mengklaim bahwa Christopher Columbus menggunakan sebuah buku yang ditulis oleh Muslim Portugis, yang telah melakukan perjalanan ke Dunia Baru pada abad ke-12, untuk membimbingnya dalam perjalanannya.

Meskipun tidak ada yang tahu pasti seberapa benar cerita-cerita ini, para sejarawan tahu bahwa gelombang Muslim pertama yang sebenarnya di Amerika adalah budak Afrika-diyakini bahwa sekitar 10 hingga 15 persen budak adalah Muslim. Tentu saja para budak Muslim ini harus menjalankan agama mereka secara rahasia.

Baca juga :  Populasi Islam di Amerika Serikat
Baca juga :  5 Fakta Populasi Muslim di Eropa

Sebagaimana dikutip dari oldest.org, masjid paling awal atau tertua di Amerika Serikat didirikan oleh Muslim, kebanyakan dari Suriah dan Lebanon, yang berimigrasi ke Amerika antara tahun 1878 hingga 1924. Banyak dari masjid ini terus digunakan dan masih berdiri kokoh bahkan ketika Islamofobia meningkat di Barat, khususnya di Amerika Serikat.

8. Masjid Maryam, Chicago

Masjid tertua di Amerika
Foto: Wikimedia

Masjid Maryam di Chicago berfungsi sebagai markas Nation of Islam, yakni cabang Islam yang didirikan oleh orang Afrika-Amerika pada tahun 1930. Bangunan Masjid Maryam pada awalnya berada di Gereja Ortodoks Yunani terbesar di Amerika. Lalu dibeli pada tahun 1972 oleh Elijah Mohammed, pemimpin Nation of Islam pada saat itu, yang mengubah bangunan itu menjadi masjid.

Pada tahun 1988, masjid tersebut dibeli dan diresmikan kembali oleh Menteri Louis Farrakhan, pemimpin Nation of Islam saat ini. Di sebelah Masjid Maryam adalah Universitas Islam Muhammad, sekolah untuk anak laki-laki dan perempuan dari pra-sekolah sampai kelas 12.

Baca juga :  Ini Durasi Puasa Ramadhan di Seluruh Dunia, Paling Lama 20 Jam

7. Muslim Community Center of Chicago

Masjid tertua di Amerika Serikat
Foto: Open House Chicago

Pada tahun 1969 sekelompok Muslim dari berbagai latar belakang memutuskan untuk mendirikan Muslim Community Center (MCC) di Chicago. Tidak lama berselang, nama MCC dikembangkan menjadi Muslim Community Center Inc. sebagai organisasi Nirlaba.

Meskipun Muslim Community Center bukanlah masjid pertama di Chicago atau AS, namun MCC adalah salah satu yang terbesar. Bahkan, ia juga dianggap sebagai induk organisasi dari banyak kelompok dan masjid Muslim Amerika lainnya.

MCC telah berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Sekarang MCC sedang menjalankan dua masjid tambahan dan dua sekolah/pusat pendidikan. MCC juga menawarkan banyak program berbeda untuk Muslim dan non-Muslim di daerah Chicagoland, termasuk penjangkauan, program pemeriksaan kesehatan, dan konseling.

Baca juga :  Berkunjung ke Alquran Terbesar di Dunia

6. Islamic Center of Washington

Masjid tertua di Amerika Serikat
Foto: Wikimedia

Islamic Center of Washington dibuka pada tahun 1952, tetapi tidak memiliki upacara peresmian resminya sampai tahun 1957. Ide pembangunan Islamic Center ini dimulai pada tahun 1944 setelah Mr. M. Abu Al Hawa dan mantan Duta Besar Mesir, Mr. Mahmood Hassan Pasha, berbincang tentang pembangunan masjid di Washington, DC. Setelah itu, sekelompok diplomat dan Muslim Amerika membentuk Washington Mosque Foundation untuk menggalang dana pembangunan masjid.

Tanah masjid itu dibeli pada tahun 1946 dan peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1949. Islamic Center of Washington dirancang oleh Mario Rossi, seorang arsitek Italia yang terkenal karena membangun masjid di Mesir. Presiden AS Dwight D. Eisenhower menghadiri upacara peresmian masjid dan berbicara tentang keindahan Islam dan kebebasan beragama di Amerika.

Baca juga :  Bibi Khanoom, Penggagas Sekolah Perempuan Pertama di Iran

5. Islamic Center of Southern California

Masjid tertua di Amerika Serikat
Foto: Wikimedia

Islamic Center of Southern California didirikan pada tahun 1952 oleh sekelompok pria Muslim yang hanya ingin berkumpul dan berdoa. Menurut salah satu pendiri masjid, Abed Awad, kelompok tersebut menyewa sebuah bangunan kecil di Hollywood. Mereka menyebut dirinya sebagai Moslem Association of America di Los Angeles.

Sekitar tahun 1966, ketika komunitas ini tumbuh lebih besar, Dewan Direksi Islamic Center menyetujui peraturan, mengatur perpustakaan Islam, membeli duplikator Spirit, menerbitkan buletin, dan mempertahankan layanan tanya jawab.

Mereka juga mengganti nama menjadi Islamic Foundation of Southern California. Yayasan ini lalu memindahkan masjid ke lokasinya saat ini pada tahun 1976. Kini yayasan ini juga terus menjadi tuan rumah layanan reguler serta mengoperasikan Sekolah New Horizon (prasekolah).

Baca juga :  Dunia Geger, Museum Hagia Sophia Turki dari Gereja Kini Kembali Jadi Masjid

4. Masjid Fazl Amerika

masjid tertua di amerika serikat
Foto: Wikimedia

Masjid Fazl Amerika (American Fazl Mosque) di Washington, DC didirikan sebagai markas besar Jemaat Muslim Ahmadiyah Amerika pada tahun 1950. Masjid yang awalnya dibangun pada awal abad ke-20 ini dipilih oleh Khalil Nasir, pemimpin nasional Gerakan Ahmadiyah dalam Islam di waktu.

Masjid Fazl adalah markas besar Ahmadiyah hingga tahun 1994 ketika dipindahkan ke Masjid Bait Ar-Rahman di Silver Spring, Maryland. Masjid ini masih buka untuk peribadatan dan acara hingga hari ini, bahkan kini disediakan juga wisma untuk pengunjung masjid.

Baca juga :  Turki Ubah Masjid Jadi Minimarket Gratis Selama Pandemi Corona

3. American Moslem Society Mosque, Michigan

masjid di Michigan Amerika
Foto: Wikimedia

Masjid American Moslem Society di Dearborn, Michigan didirikan pada tahun 1938. Ini adalah masjid tertua di negara bagian Michigan. Awalnya, masjid dimulai dari sebuah rumah kecil, tetapi kemudian berkembang seiring dengan berkembangnya komunitas Muslim di daerah tersebut.

Selama bertahun-tahun, masjid tersebut telah mengalami beberapa perluasan dan saat ini berada di dalam bangunan besar yang menempati 48.000 kaki persegi.

Pada awal 1980-an, masjid mulai mentransmisikan shalat melalui pengeras suara luar karena besarnya pertumbuhan komunitas–itu adalah masjid pertama di Amerika Serikat yang melakukannya. Menurut situs American Moslem Society, saat ini ada rencana untuk meningkatkan kembali masjid tersebut.

Baca juga :  10 Foto Haji 2020 dalam Bayang-bayang Virus Corona

2. Mother Mosque of America

Foto: Wikimedia

Masjid Induk Amerika (Mother Mosque of America) adalah bangunan pertama yang dirancang dan dibangun untuk menjadi masjid. Masjid ini awalnya bernama Moslem Temple dan selesai pada tanggal 15 Februari 1934 di Cedar Rapids, Iowa. Masjid ini dirintis oleh Muslim yang telah dibawa ke AS oleh nenek moyang komunitas Muslim Cedar Rapids dan berasal dari Kekaisaran Ottoman (Suriah dan Lebanon modern).

Meskipun Masjid Induk Amerika masih beroperasi sampai sekarang, namun pernah dilanda banjir dahsyat pada tahun 2008. Ruang bawah tanah masjid kebanjiran, dan sayangnya Alquran dan sajadah di sana sempat hancur. Beruntung lantai utama Masjid Induk ini belum tersentuh dan bangunannya masih berdiri tegak.

Baca juga :  10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia

1. Al-Sadiq Mosque, Chicago

Masjid tertua di Amerika Serikat
Foto: This American Mosque

Masjid Al-Sadiq di Chicago diyakini sebagai masjid tertua di Amerika Serikat. Masjid ini dijalankan oleh Jamaah Muslim Ahmadiyah, yang merupakan komunitas Muslim tertua di Amerika.

Salah satu pendakwah Muslim pertama yang dikirim ke Amerika Serikat adalah Mufti Muhammad Sadiq. Ia mendirikan markas nasional gerakan dan Masjid pertama di negara yang dikenal sebagai Masjid Al-Sadiq sekitar awal 1920-an. Masjid Al-Sadiq masih beroperasi oleh Komunitas Muslim Ahmadiyah hari ini. Imam Azam Akram saat ini menjabat sebagai pendakwah dan imam masjid. (MZN)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *