Menuju Harlah ke-4, Santri Mengglobal Gelar Lomba Berhadiah Trip Gratis ke Luar Negeri!

IQRA.ID, -Jakarta- Santri Mengglobal adalah sebuah Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, agama, dan sosial yang berdri di Jakarta pada tanggal 01 Oktober 2019. Cita-cita didirikannya lembaga ini adalah untuk membantu lebih banyak lagi santri Indonesia agar berkesempatan mengabdi dan belajar di luar negeri sebagai wasilah bagi santri untuk mendapatkan pengalaman internasional (international exposure), menambah wawasan global, memperkuat relasi internasional agar kelak siap mengabdi bagi bangsa dan agama, khususnya pesantren, di ranah lokal, nasional dan internasional di masa depan.

Sebagai salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita tersebut dan sekaligus merayakan harlah keempat, Santri Mengglobal menggelar dua lomba tingkat nasional berhadiah trip gratis ke luar negeri bagi santri Indonesia, yaitu Lomba Menulis Esai dan Lomba Video Kreatif dengan mengusung tema “Santri, Dunia Digital dan Tantangan Global”

Amien Nurhakim, penanggung jawab acara, menjelaskan tujuan diselenggarakanya acara ini selain bentuk syukur kepada Allah SWT atas perayaan harlah Santri Mengglobal, juga sebagai wadah pengembangan intelektual dan kreatifitas santri dalam menyampaikan ide kreatif dan inovatif melalui tulisan dan video. ‘Pemenang nantinya akan diberikan hadiah untuk traveling di luar negeri untuk menambah pengalaman internasional (international exposure) mereka’ ujarnya

Baca juga :  Lomba Menulis Santri dan Covid-19 Edisi Ramadhan 2020
Syarat dan Ketentuan Lomba Esai

Peserta yang ingin mengikuti lomba esai tingkat nasional adalah mereka yang tercatat sebagai santri/mahasantri Indonesia (dibuktikan dengan kartu tanda santri/surat keterangan) dan berumur tidak lebih dari 30 tahun. Peserta membuat esai dengan memilih salah satu sub judul berikut:

  1. Pendidikan
  2. Kesehatan
  3. Moderasi Beragama
  4. Kesetaraan Gender
  5. Kesejahteraan Masyarakat
  6. Perubahan Iklim

Pemenang lomba esai tingkat nasional ini selanjutnya berhak atas hadiah sebagaimana berikut:

Juara 1 – Trip ke Luar Negeri (3 Negara; Malaysia, Singapura, dan Thailand)

Juara 2 – Tiket PP Luar Negeri; Jakarta – Malaysia/Singapura

Juara 3 – Biaya Pembuatan atau perpanjangan Paspor

15 Esai terbaik dalam perlombaan ini akan diterbitkan dalam bentuk Buku; Seluruh Peserta mendapatkan Sertifikat.

Batas akhir mengirimkan esai adalah sebelum 30 September 2022 melalui tautan https://bit.ly/lombaesaiharlahke4sm. Petunjuk dan teknis selengkapnya terkait lomba menulis esai dapat diunduh pada: https://bit.ly/lombaesaiharlahsm4

Syarat dan Ketentuan Lomba Video Kreatif

Lomba Video Kreatif Tingkat Nasional juga diperuntukan bagi seluruh santri Indonesia (dibuktikan dengan kartu tanda santri/surat keterangan) dan berumur tidak lebih dari 30 tahun. Peserta membuat video kreatif berdurasi 30-60 detik melalui Instagram reels dengan memilih salah satu sub tema berikut:

Baca juga :  Lomba Menulis Esai Santri dan Mahasiswa Edisi Ramadhan Total Hadiah 20 Juta

Mimpiku Studi ke Luar Negeri

Santri dan Dunia Digital

Santri Scholarship Hunter

Santri dan Tantangan Global

Adapun hadiah dari lomba video kreatif ini adalah:

Juara 1 Trip ke Luar Negeri Malaysia/Singapura

Juara 2 Tiket PP Luar Negeri; Jakarta – Malaysia/Singapura

Juara 3 Biaya Pembuatan atau Perpanjangan Paspor

5 video favorit dari lomba ini akan mendapatkan voucher Gopay atau OVO senilai 500.000 untuk 5 Peserta Favorit.

Pendaftaran lomba video kreatif sudah dibuka sejak 10 Agustus hingga 30 September 2022. Hal-hal terkait syarat, ketentuan, dan pendaftaran dapat dilihat di: https://bit.ly/videoharlah4sm

Pengumuman pemenang kedua lomba ini akan disampaikan pada haru puncak perayaan harlah ke-4 Santri Mengglobal pada tanggal 28 Oktober 2022. #saatnyasantrimengglobal (DA/MS)