Nawaitu Shauma Ghodin ‘an Adaa’i Fardhi Syahri Romadhoona Hadihis-Sanati Lillahi Ta’aalaa

Teks bacaan niat puasa Ramadhan Nawaitu Shauma Ghodin dijelaskan berikut ini. Ramadhan adalah bulan suci yang selalu kita nantikan. Hal ini karena Allah melimpah banyak berkah, rahmat, ampunan kepada hamba-Nya yang berpuasa.

Sepertinya baru kemarin kita merasakan sahur dan buka bersama keluarga, akan tetapi saat ini kita sudah berjumpa kembali dengan bulan yang penuh keberkahan. Maka, sungguh hal ini harus kita syukuri bersama.

Adapun tanggal 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada 13 April 2021 atau bertepatan dengan hari Selasa. Sedangkan, untuk jumlah hari puasa wajib tahun ini yakni 30 hari. Hal ini sebagaimana hasil hisab beberapa ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Umar Muslim pada umumnya pasti sudah mengetahui bahwa Ramadhan adalah bulan yang  berlimpah akan ampunan (maghfirah) dan kasih sayang (rahmat) dari Allah ‘Azza wa Jalla.

Tentu saja, yang paling utamanya yaitu kewajiban menjalankan puasa selama sebulan penuh bagi semua Muslim yang memenuhi syarat.

Berikut adalah bacaan niat puasa Ramadhan lengkap teks tulisan Arab, latin, dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa)

Artinya : “Aku niat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Nawaitu Shauma Ghodin 'an Adaa'i Fardhi Syahri Romadhoona

Adapun waktu melafalkan niat puasa Ramadhan ini dibaca pada malam hari. Setelah dilafakan pada lisan, lalu hati juga turut berniat puasa. Hal ini karena sahnya niat ada pada hati.

Demikian bacaan niat puasa Ramadhan Nawaitu shauma ghadin lengkap Arab latin dan artinya. Semoga amal ibadah kita selama Ramadhan diterima oleh Allah. Amin. Marhaban Ya Ramadhan.

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.