Apik dan Mendidik

PCINU Jepang Rayakan Maulid Nabi, Serentak di 3 Kota di Jepang

TOKYO, Ahad (24/11)-lantunan sholawat bergema di tiga kota berbeda di Jepang. Ketiga kota tersebut yakni Tokyo, Shiga, dan Sapporo.

Di Tokyo, peringatan maulid nabi dipusatkan di Masjid Nusantara-Akihabara. Para jama’ah terlebih dahulu menunaikan sholat zuhr secara berjama’ah. Setelah itu, acara dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah oleh santri TPA Masjid Nusantara. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Qur’an dan sambutan dari Ust. H. Dadang Jaelani, Imam Masjid Nusantara Akihabara.

Dalam mauidhoh hasanah, KH. Dr. Ahmad Sanusi, MA. menekankan pentingnya meneladani akhlaq Rasulullah SAW. Sebagaimana sabda beliau: “Saya (Nabi Muhammad SAW) diutus untuk menyempurnakan akhlaq”. Sehingga akhlaq Rasulullah inilah yang sebaiknya kita tunjukkan di negara yang mayoritas non-Muslim ini. Dan mudah-mudahan ke depannya (Islam) bisa diterima dengan pendekatan secara soft (lembut).

Alunan musik hadrah yang dimainkan oleh Tim Hadroh Nusantara-Jepang, membuat jamaah yang hadir larut dalam lantunan syair-syair maulid. Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng beserta doa bersama.

Acara semakin semarak dengan pembagian kartu THE SIM, kartu simcard paket internet hasil kerjasama PBNU dengan perusahaan Telekomunikasi Jepang. Miftakhul Huda, Ketua Tanfidziyah PCINU Jepang, dalam penjelasan menyampaikan bahwa kartu ini berisi paket internet 15GB. Kedepan, kartu ini juga bisa digunakan untuk mentransfer uang ke Indonesia melalui super-aplikasi asli besutan tim PBNU. Karena masih dalam tahap uji coba, penjualan kartu ini masih terus dimatangkan oleh tim yang melibatkan PCINU Jepang, PBNU dan perusahaan jepang.

Di lain tempat, tepatnya di Shiga Prefecture. Peringatan Maulid Nabi dilaksanakan di Moriyama, Umedacho. Ust. Idris Hisbullah Huzen, S.Aq. (al Hafizh) yang menjadi penceramah dalam kegiatan itu mengajak kepada para jama’ah untuk memperbanyak sholawat dan juga meneladani perjuangan beliau. Dengan harapan kelak mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad SAW.

Tak ubahnya dengan kedua tempat sebelumnya, di Sapporo, kota yang terletak di prefecture paling utara Jepang, peringatan maulid berlangsung dengan khidmat. Lantunan bait-bait sholawat yang bergema diawal musim dingin membuat suasana di Sapporo tetap hangat.

Selain ketiga tempat tersebut, beberapa kota lainnya di Jepang juga telah melaksanakan peringatan maulid nabi. Mulai Shizuoka, Kandatsu, Niigata dan beberapa daerah lainnya (Helmi/Wahyu).

Comments

be the first to comment on this article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *