Apik dan Mendidik

Peringatan Haul Gus Dur ke-10 Bersama Gus Miftah

Malaysia-PC GP ANSOR Malaysia bekerjasama dengan Paguyuban ikatan kasih (PIK), Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi), Komunitas Mancing Mania, membuat acara peringatan Haul Gus Dur ke-10 yang diadakan di Klang, Malaysia.

Acara yang dipersiapkan serba mendadak ini mendapat sambutan yang luar biasa dari warga Nahdiyin yang ada di Malaysia.

“Lebih dari 1000 orang hadir di acara tersebut, padahal persiapan acara hanya sekitar 2 hari,” ucap Pak Eko sebagai ketua panitia acara tersebut.

“Sebelumnya, acara Haul Gus Dur tidak diagendakan ngaji bareng Gus Miftah, tapi pas dapat kabar Gus Miftah ada di Malaysia, saya langsung coba hubungi sekretaris beliau, Alhamdulillah mendapat sambutan yang baik,” ujar Rahman selaku Kordinator Gusdurian Malaysia.

Seperti kutipan Gus Miftah di acara tersebut, jika Allah memudahkan sesuatu terjadi, maka akan terjadi. Begitu juga dengan acara ini, semua berjalan lancar atas izin Allah.

Gus Miftah datang ke Malaysia atas urusan pengobatan istri, beliau berada di Malaysia selama 3 hari khusus untuk menemani istri berobat. Di sela-sela kesibukannya, Gus Miftah bersedia meluangkan waktunya untuk mengisi pengajian peringatan haul Gus Dur.

Dalam pengajian ini, Gus Miftah menyampaikan Islam yang moderat sebagaimana yang selalu disampaikan oleh Gus Dur. Dengan gaya khasnya, Gus Miftah menceritakan bahwa karena Gus Dur, beliau bisa sampai seperti sekarang.

Dulu, Gus Dur penah bilang, suatu saat Gus Miftah akan punya pesantren dan itu terjadi sekarang. Banyak sekali pesan Gus Dur yang disampaikan oleh Gus Miftah.

“Gusdur selalu mengajarkan toleransi kepada siapa pun, tidak memandang agama dan latar belakang yang berbeda,” tutur Gus Miftah.

Sebelum acara berakhir, Gus Miftah mengijazahkan solawat untuk diamalkan oleh para jamaah dan seterusnya beliau menutup acara dengan doa.

Acara ini turut dihadiri oleh ketua Nahdhatul Ulama’ Malaysia, Perwakilan Pertubuhan NU KL Selangor, Perwakilan PCINU, Perwakilan banom-banom NU, seperti Fatayat, Muslimat, Pagar Nusa.

Bapak Nuralamin selaku ketua PC GP ANSOR Malaysia mengucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat Ansor Malaysia dan segenap panitia, serta warga Nahdliyin Teluk Panglima garang yang terlibat dalam menyukseskan acara ini. (Makiya)

Comments

be the first to comment on this article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *