Profil Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis

Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV

Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis berlokasi di Jalan Raya Banjar Km.3,5, RT.24/RW.08, Pamalayan, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271. Berikut profil lengkapnya.

Tentang Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV

Pondok Pesantren Ar-Risalah didirikan pada tahun 1997 M oleh KH. Drs. Asep Saefulmillah bersama istri Hj. Dra. Ai Siti Masitoh Saefulmillah dan didaftarkan pada notaris tahun 1999 bernomor 02. tanggal 29 Mei 1999. Ar- Risalah  didirikan  sebagai  pengembangan  dari  Pondok  Pesantren  Al-Qur’an Cijantung Ciamis yang didirikan KH. Mohammad Siradj (w. 1997 M).

Pondok pesantren yang berdiri di atas tanah seluas + 4 Ha yang berlokasi di Dusun Timbangwindu Desa Pamalayan RT 024 RW 008 Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, bertujuan  memberikan suatu pelayanan pendidikan dalam sistem pendidikan pesantren yang dipadukan dengan unsur terbaik dari sistem pendidikan modern.

Pengasuh
  1. KH Mohammad Sirodj
  2. KH. Drs. Asep Saefulmillah
  3. Drs. KH. Ahmad Hidayat

Metode Pendidikan

Proses pendidikan di Pontren Ar-Risalah menerapkan pendidikan integratif yang diselenggarakan atas dasar prinsip keterpaduan yang meliputi:

  1. Keseimbangan tiga pilar kecerdasan; emosional, intelektual, dan spiritual;
  2. Keterpaduan sistematik keilmuan islam yang non-dikotomik antara agama dan ilmu,
  3. Keterpaduan pada kontinuitas pencapaian hal yang terbaik dengan akar tradisi yang baru, dan keterpaduan fungsional pendidikan yang berorientasi kepada pembukaan kecakapan (life skill).
Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung

Beberapa keunggulan proses belajar di Pontren Ar-Risalah yakni belajar lebih ditekankan pada motivasi yang membentuk dasar kognitif, serta landasan-landasan yang indrawi daya tangkap dan motorik emosional.

Pendekatan etika sufistik dalam pembimbingan belajar sangat ditekankan untuk menumbuhkan sebuah watak keagamaan yang tebuka dan penuh welas asih (empati dan simpati sosial).

Untuk itu pusat persekolahan adalah bimbingan dan penyuluhan personal serta terapi kejiwaan sebagai jaminan bagi terpenuhinya kondisi dan syarat-syarat emosional yang diperlukan bagi berlangsungnya proses kegiatan yang efektif.

Jenjang Pendidikan

Pondok Pesantren Ar-Risalah sebagai lembaga pendidikan Islam yang baru didirikan selama 15 tahun telah menunjukkan eksistensi keberadaannya. Pondok pesantren yang keberadaannya tergolong sangat  muda ini bisa bertransformasi menjadi sebuah lembaga pendidikan Islam yang bukan hanya mempelajari pendidikan keagamaan tetapi juga terdapat lembaga pendidikan formal yang komprehensif dari mulai SD hingga Sekolah Tinggi Ekonomi Islam dengan akreditasi lembaga pendidikan yang baik.

Pendidikan Formal

  1. SD  Terpadu Ar-Risalah
  2. SMP Terpadu Ar-Risalah
  3. SMA Terpadu Ar-Risalah
  4. STEI

Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur’an
Ekstrakurikuler
  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Paskibra
  8. PMR
  9. Sepakbola/futsal
  10. Basket
  11. Volley
  12. Marchingband
  13.  Komputer
  14. Pramuka
  15. Seni Hadroh
  16. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  17. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga

Fasilitas
  1. Masjid
  2. Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Perpustakaan
  5. MCK/WC
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Bahasa
  8. Ruang tamu
  9. Kopontren
  10. Klinik Kesehatan
  11. Aula
  12. Pertanian
  13. Perikanan
Wirausaha Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis 

Sejak pertama didirikan, pontren Ar-Risalah dikenal sebagai lembaga pendidikan Islam yang juga bergerak dalam usaha mandiri pondok pesantren dalam bidang agribisnis. Posisi pondok pesantren yang dekat dengan pedesaan memudahkan pesantren dalam upaya pengembangan usaha-usaha mandiri pondok pesantren dalam bidang agribisnis.

Posisi ini juga didukung oleh lingkungan sosio-kultural masyarakat pesantren yang juga bergerak dalam bidang yang sama sehingga timbulah sebuah pola saling menguntungkan satu sama lain (simbiosis Mutualisme)

Besarnya peluang pondok pesantren untuk berperan sabagai agen pembangunan dalam rangka menjembatani dan memecahkan persoalan sosial ekonomi masyarakat pedesaan inilah yang disambut dengan kesungguhan oleh Ponpes Ar-Risalah.

Pilihan usaha agribisnis tidak terlepas dari lokasi pondok pesantren yang terletak di daerah pedesaan dengan lahan yang tersedia di pesantren dan sekitarnya pada umumnya masih cukup luas, sehingga sumberdaya lahan sangat mendukung dalam pengembangan agribisnis.

Kegiatan pemberdayaan di dalam pesantren bertujuan untuk membina dan mengembangkan keterampilan dan kualitas para santri di dalam pesantren untuk selanjutnya dapat membuat rencana usaha dan melaksanakan rencana usaha tersebut.

Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Jambi

Kemampuan kiai membangun usaha mandiri pesantren dan bagaimana kiai yang mampu membangun pola relasional dengan berbagai lembaga pemerintah daerah, kementerian-kementerian hingga swasta yang sejatinya mendukung seluruh kegiatan usaha mandiri pesantren bisa di dijadikan percontohan, bagaimana membangun sebuah lembaga pendidikan pondok pesantren yang mandiri.

Semua bisnis kiai dan bisnis yang dijalankan oleh pesantren, semua di dedikasikan dan diorientasikan bagi pengembangan lembaga dalam berbagai aspeknya, baik dalam infrastruktur atau SDM.

Demikian profil Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis. Semoga bermanfaat. (AL)

 

Sumber:

Badrudin Zaini Hafidh, Pesantren dan Kemandirian Perekonomian: Studi tentang Kewirausahaan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis, 2018.

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *