Profil Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung

Perguruan Diniyyah Putri Lampung merupakan Pondok Pesantren Khusus Putri yang terletak di Desa Negeri Sakti, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, berjarak 9 Km. dari Kota Bandar Lampung menuju arah Pringsewu/Kota Agung. Berikut profilnya.

Sejarah

Perguruan Diniyyah Putri Lampung didirikan atas prakarsa Gerakan Mubaligh Islam Lampung (GMI) dan Dewan Da’wah Islamiah Indonesia (DDII) Perwakilan Lampung yang merupakan realisasi kaderisasi dakwah dalam bentuk pondok pesantren.

Pembangunan 5 lokal belajar dan asrama dimulai pada tahun 1972 di atas tanah 2 ha wakaf Bapak H. Abdul Syukur Thoyib, 2 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 6 Januari 1974, telah dapat menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dan pada tanggal 24 Februari 1974 diresmikan oleh Bapak Sutiyoso Gubernur KDH Tingkat 1 Lampung.

Pendidikan yang diselenggarakan bertujuan mencetak para kader-kader muslimah yang mampu menjadi ibu pendidik di tengah masyarakat. Sistem yang diterapkan adalah “Boarding School” yakni pembinaan anak didik secara terpadu baik di sekolah maupun di asrama, menjelang usia ke 36 tahun, Perguruan Diniyyah Putri melakukan terobosan-terobosan baru dalam persiapan menuju pendidikan islam yang berbasis kompetensi.

Visi dan Misi Diniyyah Putri Lampung

Visi

Terwujudnya Putri-putri yang berjiwa islam dan ibu pendidik yang cakap lagi aktif serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanah air atas dasar pengabdian kepada Allah SWT.

Baca juga :  Perempuan Pesantren Didorong Tampil Dakwah Lebih Banyak di Medsos

Misi

Menyelenggarakan pendidikan Islam yang mampu membentuk putri-putri yang berjiwa islam dan ibu pendidik yang dapat mengembangkan diri, sikap mandiri, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan serta dapat mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

Mengembangkan sistem pendidikan Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Jenjang Pendidikan

PAUD Terpadu

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdiri dari;

Taman Kanak-kanak

Peserta didik Taman Kanak-kanak usia 4-6 tahun.

Kelompok Bermain

Peserta didik kelompok Bermain usia 3-4 tahun.

– Tempat Penitipan Anak

Taman Kanak-kanak Diniyyah Putri Lampung adalah pendidikan pra-sekolah pada saat ini berstatus “Terakreditasi B” dengan tujuan membantu mengembangkan potensi yang ada dan menanamkan kepribadian Islami sedini mungkin untuk usia Taman Kanak-kanak Tahun 2010 ini telah memiliki kelas multi media.

Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Diniyyah Putri Lampung melaksanakan sistem pendidikan interaktif, yakni pendidikan yang berdasarkan pada keterpaduan yang utuh antara ilmu pengetahuan umum dan agama.

MI Diniyyah Putri Lampung menerapkan dua kurikulum sekaligus secara hamonis, pertama kurikulum formal Kementrian Agama RI setingkat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), dan kedua kurikulum diknas. Selain itu, MI telah memiliki kelas multi media plus kegiatan ekstra kurikuler yang diarahkan untuk memperdalam ilmu agama.

Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Al-Ittifaq Bandung

Diniyyah Menengah Pertama (DMP)

DMP adalah setingkat MTs dan SMP, yang berstatus “Terakreditasi A”. DMP/MTs didirikan pada tahun 1974 dengan menerapkan sistem pendidikan terpadu, intra kurikuler, ekstra kurikuler dan Asrama. Maka, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu. Selain mencapai tujuan pendidikan keterampilan, sehingga diharapkan para lulusannya dapat memperoleh nilai lebih.

Kulliyatul Mu’alimat El Islamiyah (KMI)

KMI adalah setingkat MA dan SMU, yang berstatus “Terakreditasi A”. KMI/MA didirikan pada tahun 1978, dan sekarang telah mempunyai 3 (tiga) Program Studi : IPA, IPS, dan Ilmu Agama Islam. Pendidikan dan kurikulum yang digunakan bersifat terpadu. Maka, keberadaan KMI/MA membuka kelas berbahasa pengantar Arab dan Inggris.

Selain mencapai tujuan pendidikan nasional, KMI/MA juga menitikberatkan pada bidang pendidikan keguruan dan keterampilan (Tata Boga, Administrasi Perkantoran, Tata Busana, dan Komputer) sebagai program untuk mencapai tujuan Pendidikan Perguruan Diniyyah Putri Lampung.

Alumni KMI/MA telah banyak melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi (Negeri/Swasta) baik dalam maupun Luar Negeri, diantaranya : Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, IAIN Sunan Ampel, Universitas Brawijaya, dan Perguruan Tinggi lainnya, di Timur Tengah : melalui tes Penelusuran Potensi Minat dan Bakat siswi dan Beasiswa.

Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Al-Nahdlah Depok

Institut Teknologi dan Bisnis Diniyyah

Demikian profil Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung. Semoga bermanfaat. (AL)

Sumber: www.diniyyahputrilampung.org

 

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *