Profil Pondok Pesantren Mandiri Qamarul Huda NTB

Pondok Pesantren Mandiri Qamarul Huda NTB

Pondok Pesantren Mandiri Qamarul Huda berlokasi di Bagu, Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Berikut profil lengkapnya.

Pengasuh

Pondok Pesantren Qamarul Huda diasuh oleh Tuan Guru Haji Turmudzi Badruddin. Sebagai pengabdi, pendamping dan penerjemah ide-ide masyarakat, beliau telah mendedikasikan dirinya untuk terus mengemban amanah keumatan.

Hingga saat ini berbagai prestasi telah diraih oleh Pondok Pesantren Qamarul Huda. Keberhasilan dan prestasi yang dicapai oleh pondok ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kerja keras dan keikhlasan beliau.

Perjalanan menuju prestasi ini bukan waktu yang sebentar. Banyak sekali aral melintang, suka-duka, tangis-bahagia, senang-susah sudah dirasakan. Badai cobaan, kebencian, fitnah dan segala kedengkian pun sering dialamatkan kepada sang Tuan Guru dalam membangun pesantren. Dengan modal keikhlasan dan berserah diri kepada Allah Swt. semua yang sulit menjadi mudah atas kehendak-Nya.

Perjuangan tanpa pamrih yang dilakukan Tuan Guru, sudah terlihat dan dirasakan oleh masyarakat. Pembangunan fisik terlihat sangat megah, pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar pesantren hidup, pembinaan batin masyarakat berjalan lancar, dan yang utama tentunya perkembangan lembaga-lembaga pendidikan di bawah Yayasan Pondok Pesantren Qamarul Huda sudah nyaris sempurna.

Jenjang Pendidikan

Lembaga-lembaga formal di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Qamarul Huda adalah Raudhatul Athfal (Taman Kanak-kanak), Ula (Ibtidaiyah), Wustha (Tsanawiyah), Ulya (Aliyah), serta Sekolah Menengah Kejuruan (Jurusan Farmasi dan Teknik Komputer).

Baca juga :  Penulisan Huruf Ba’ Awali Penyusunan Al-Qur’an Akbar ke-11 di Pesantren Al-Asyariyyah

Untuk level yang lebih tinggi, terdapat perguruan tinggi Ma’had Aly, Institut Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dan STKIP. Ponpes ini menjadi pelopor Perguruan Tinggi Swasta di kabupaten Loteng khususnya dan menjadi panutan PTAIS di NTB umumnya.

Ekstrakurikuler

Program ekstrakurikulernya berupa seni baca al-Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, kaligrafi, praktik mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitabah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain.

Fasilitas

Pesantren yang menempati lahan lima hektare ini memiliki bermacam fasilitas, meliputi masjid, asrama putra dan putri terpisah, koperasi, kantor, gedung-gedung sekolah dan madrasah, perguruan tinggi, lapangan serbaguna, perpustakaan, gudang, kamar mandi, sarana olahraga, laboratorium komputer, laboratorium bahasa asing, serta parkir mobil dan motor.

Sebagai salah satu Ponpes NU terbesar di NTB, kiprah pondok ini sangat besar untuk ikut mencerdaskan warga negara. Di bawah pimpinan Tuan Guru, pondok ini terus berkembang dan mampu bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

Keberadaan Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu di tengah-tengah masyarakat sangat berperan aktif dalam  memberikan,  mengajarkan, membimbing maupun mencerdaskan  masyarakat menuju ke arah yang lebih baik bagi perkembangan kehidupan masyarakat khususnya di pulau Lombok dan NTB pada umumnya.

Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya
Potensi dan Kiprah

Pondok Pesantren Qamarul Huda tidak hanya berkembang dalam bidang pendidikan, tetapi juga membangun dan turut membantu perekonomian lingkungan sekitar dalam bentuk pengelolaan pertanian dan perikanan.

Pesantren ini sudah teruji sebagai pusat pendidikan yang bisa bertahan selama bertahun-tahun dan memiliki sumber daya manusia yang melimpah yang berpotensi menjadi SDM yang unggul.

Kiprah  Ponpes Qamarul Huda dalam membangun masyarakat tampak terang dan dirasakan keberadaannya tidak hanya oleh kalangan kaum Nahdliyin saja, tetapi juga oleh berbagai pihak.

Kiprah perjuangan dan pengabdian tidak hanya terbatas pada bidang pendidikan semata, tetapi juga menyangkut dakwah, budaya, pertanian, peternakan, kesehatan, ekonomi dan merambah ke dimensi pelayanan atau jasa. Semua dimensi itu dilandasi semangat mencerdaskan dan mendidik berlandaakan nilai-nilai keislaman.

Semangat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat berlandaskan nilai-nilai keislaman menjadi sesuatu yang inheren di dalam diri para pengelola Ponpes Qamarul Huda. Karena darinya akan melahirkan karya-karya yang  terbaik dan berkualitas, serta dapat terjalin hubungan yang harmonis dengan semua elemen masyarakat serta tidak terjadi kesenjangan antar sesama.

Menjadi seorang Mursyid Tarekat, TGH Turmudzi Badruddin tidak pernah membeda-bedakan apalagi membesar-besarkan perbedaan yang ada. Justru beliau sangat menyadari bahwa perbedaan itu sebagai medium untuk berbuat yang lebih baik terhadap masyarakat.

Bukti kecil dari tiadanya pembedaan itu, ketika diundang untuk menghadiri suatu acara, selama tidak ada uzur pasti beliau menghadirinya, tidak pandang kaya atau miskin dan tidak pandang pendukung ini atau itu.

Baca juga :  Mengajarkan Semangat Perlawanan, Kitab Ini Diberangus Oleh Kolonial Belanda

Cara-cara berperilaku TGH Turmudzi yang didasari oleh nilai-nilai agama dan kearifan lokal menjadi kebutuhan yang perlu diterapkan dan dapat menjadi strategi untuk meredam konflik yang ada. Membangun dan mengembangkan Ponpes Qamarul Huda memang penuh dengan strategi dan cara-cara yang moderat berdasarkan nilai-nilai tersebut di atas.

Kini santri Pondok Pesantren Qamarul Huda sudah 5.000 lebih. Walaupun demikian, TGH Turmudzi merasa bahwa masih panjang perjuangan yang mesti dilakukan agar umat lebih cerdas, toleran, kompetitif, demokratis dan sejahtera.

Masih banyak mimpi-mimpi dan program-program kerja beliau untuk Ponpes Qamarul Huda yang belum terealisasi, salah satunya adalah mewujudkan Universitas Islam Qamarul Huda (UIQH).

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.