Profil Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin

Pondok Pesantren 4 Bahasa Al Muhibbin

Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin terletak di Jl. Stasiun no.228, Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Berikut profil lengkapnya.

Sejarah PPM Al Muhibbin

Ponpes Modern Al Muhibbin adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non pemerintah) yang idirikan pada 21 April 2006 oleh Alm. KH. Muhibbin dan putrinya Ustadzah Nuzulir Rohmah, S.Sa.,M.H.

Ponpes Al Muhibbin memiliki sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran 4 bahasa asing di antaranya Inggris, Arab, China dan Jepang secara intensif.

Ponpes Modern Al Muhibbin terletak di Jl. Stasiun no.228, Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Lokasi pesantren sangat menguntungkan karena terletak di tengah Kecamatan Jatirogo, dan jalur perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Yang mana memudahkan komunikasi dengan masyarakat luas.

Dengan didukung lingkungan yang asri. Ponpes Al Muhibbin berupaya untuk mencetak kader-kader penerus bangsa yang muttafaqoh fiddin yang siap memimpin umat atau bangsa.

Selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berpikir dan berperilaku atas dasar Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Sebagai jenis pesantren modern, santri Ponpes Modern Al Muhibbin mempunyai pemikiran yang terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran islam. Disiplin dan kesederhanaan dipublikasikan dalam kehidupan sehari hari di lingkungan pesantren.

Baca juga :  Al-Azhar Mesir Berikan Penyetaraan Ijazah kepada Santri di Pendidikan Diniyah Formal

Ponpes Modern Al Muhibbin, menerapkan pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru / asatidz dengan latar belakang lulusan Ponpes Al Muhibbin dan berbagai perguruan tinggi.

Para pendidik wajib tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi dan membimgbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan samtri.

Seiring berjalannya waktu Ponpes Modern Al Muhibbin terus berkembang dan selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kaderuntuk kemajuan dan pengabdian kepada masyarakat.

Visi Ponpes Al Muhibbin

Mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dan kompetitif, sehingga dapat melahirkan generasi yang berkepribadian muslim, dan berprestasi optimal yang siap membangun bangsa, menjadi bangsa yang berperadaban.

Misi Ponpes Al Muhibbin

Menyelenggarakan pendidikan Islam dengan sistem integral dalam aspek intelektual, emosional, spiritual dan lifeskill, sehingga dapat melahirkan siswa muslim yang taqwa, cerdas, dan mandiri

Progam Unggulan

1. Komunikasi dengan menggunakan 4 Bahasa (Inggris, Arab, Mandarin, Jepang )
2. Hafalan Quran minimal 3 juz
3. Baca Kitab Kuning ( Sorogan kitab setiap hari )
4. Muhadhoroh ( Praktek MC, Qiroah, Pidato 4 Bahasa , Wayang dan kegiatan kemasyarakatan lainnya )
5. Pengiriman kader Dai ke berbagai daerah

Baca juga :  Profil Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya
Ekstrakurikuler

1. Drumband
2. Praktek mengajar B. Inggris
3. Praktek komunikasi Bahasa asing dengan native speaker di Bali dan Lombok
4. Praktek dakwah ke berbagai daerah
5. Praktek pembuatan film
6. Qashidah modern
7. Tata Rias dan Busana
8. Seni Hadroh
9. Seni Gamelan
10. Seni Wayang
11. Pencak Silat
12. Barongsai dan Leang – leong

Fasilitas Pesantren

Untuk memenuhi serta mendukung berbagai kegiatan, baik unuk kebutuhan belajar mengajar, kehidupan sehari – hari, kegiatan ekstrakurikuler, kenyamanan santri, guru, wali santri, serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren, maka Ponpes Modern Al Muhibbin dilengkapi dengan fasilitas :

1. Fasilitas Ibadah

Mushola sebagai sentral kegiatan para santri dan guru, serta digunakan untuk kegiatan majlis ta’lim dan tempat pertemuan santri yang berkenaan dengan ibadah

2. Fasilitas Sekolah

a. Ruang kelas, yang terdiri dari 8 ruang kelas terbuka dan
b. Perpustakaan, yang terdiri dari buku kajian islami salafi dan modern, serta buku-buku mata pelajaran formal, buku wawasan pengetahuan, terjemah kitab dll.
c. Laboratorium komputer, yang terdiri dari 25 komputer, 1 proyektor, 25 set meja dan kursi
d. Ruang guru,dan kantor sekolah
e. Studio musik , yang didalamnya terdapat alat musik modern, religi dan tradisional

Baca juga :  PP RMI NU Beri Legalitas 200 Pesantren

3. Fasilitas Asrama

a. Gedung asrama
b. Kantin, yeng tersebar di berbagai lokasi pesantren

Demikian profil Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin. Semoga bermanfaat. (AL)

Sumber:https://ppmalmuhibbin.blogspot.com

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *