Profil Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah berlokasi di Jl. Bima No. 2, Ngemplak, Kel. Dukuh, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50722. Berikut profilnya.

Sejarah Berdiri

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Kota Salatiga berdiri pada tahun 1986 yang didirikan oleh Almukarrom KH. M Zoemri RWS bersama sang istri Hj. Latifah Zoemri. P

ondok pesantren ini merupakan suatu lembaga pendidikan Non Formal, yang berlokasi di Jl. Bima No.02 Ngemplak, Dukuh, Sidomukti, Salatiga. Yang memiliki letak strategis dengan beberapa lembaga pendidikan formal, mulai dari SD, SMP, SMP, sederajat serta pendidikan tinggi (universitas).

PPTI Al Falah Salatiga berdiri di bawah naungan Yayasan Alfalah. Bersama dengan SMK Alfalah Salatiga, yang memiliki 2 program keahlian, yaitu teknik otomotif dan tata busana.

Dalam rutinitas sehari hari, Kegiatan belajar mengaji diampu langsung oleh Almukarromah ibu nyai Hj Latifah bersama dengan dewan asatidz. Serta, demi lancarnya koordinasi dan mekanisme organisasi santri PPTI Al falah Salatiga. Di bentuklah pengurus pondok dengan masa jabatan satu tahun yang berganti setiap tahunnya.

Kurikulum di PPTI Al Falah lebih condong pada pengajaran kitab kuning. Meskipun demikian, santri yang mau menghafal Al Qur’an juga diperbolehkan. Hafalan biasanya langsung dengan Ibu Nyai, ataupun dengan puteri bungsu beliau Ning (sapaan Putri Kyai) Siti Nur Halimah Al Hafidzoh

Baca juga :  Al-Azhar Mesir Berikan Penyetaraan Ijazah kepada Santri di Pendidikan Diniyah Formal

Melihat keadaan santri yang mayoritas berpendidikan formal, maka kegiatan mengaji dimulai sore hari setelah asar, hingga pagi setelah sholat subuh. Kegiatan rutin yang dilakukan santri Al Falah di luar jam KBM.

Antara lain, Sholat berjamaah, sorogan Al Quran , mujahadah dan  yasin tahlil, ziarah dan kultum. Dzibaiyah dan khitobah untuk santri putri dan roan kubro setiap ahad pagi. Seperti pondok pesantren pada umunya, di setiap akhir tahun pembelajaran. PPTI Al Falah mengadakan ziarah kubro dan haflah akhirossanah yang dilaksanakan bergantian setiap tahunnya.

Pesantren Salaf ini memiliki sekitar 497 santri putra dan putri terhitung akhir tahun 2020. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa IAIN Salatiga dengan berbagai macam program studi. Sementara yang lainnya adalah siswa sekolah tingkat MI, MTs dan MA.

Pada penerimaan santri baru memang tidak ada ketentuan usia, artinya usia berapa pun tetap diterima menjadi santri PPTI Al Falah.

Kegiatan Soft Skill

Selain memuat pendidikan agama, PPTI Al Falah juga memfasilitasi santri-santri untuk mengembangkan skill-nya melalui kegiatan extrakulikuler yang diselenggarakan oleh diklat. Meliputi extra Tilawatil Quran, Pencak Silat, dan Rebana. Dengan grupnya bernama “Kidung Lelono” yang telah beberapa kali menjuarai lomba rebana di Tingkat Jawa Tengah dan sekitarnya,

Baca juga :  Perempuan Pesantren Didorong Tampil Dakwah Lebih Banyak di Medsos

Untuk mendukung kegiatan operasional pondok pesantren, PPTI Al Falah memiliki beberapa unit kegiatan santri (UKS). Meliputi Perpustakaan Al Falah yang bergerak dibidang keperpustakaan dan pengarsipan. POSKESTREN yang bergerak di bidang kesehatan, serta IN_Santri yang bergerak di bidang jurnalistik dan desain komunikasi visual.

PPTI Al Falah juga memiliki Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) yang menjadi sarana penunjang ekonomi mandiri pesantern dan menjadi wadah untuk santri-santri yang ingin belajar berwirausaha, meliputi Koperasi Pondok Pesantren, Pembibitan Ikan, serta Usaha Loundry.

Sebagai pesantren yang berbasis tarbiyah,  PPTI Al Falah berfokus pada pendidikan karakter serta pembelajaran yang lazim ditemui dimasyarakat . Melalui pembelajaran dalam pesantren, para santri di harapkan mampu menjadi panutan dan pelayan dalam kehidupan beragama dan kehidupan bermasyarakat nantinya.

Pendidikan Formal
  1. SMK
  2. MTs
Pendidikan Non Formal
  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur’an
Fasilitas
  1. Masjid
  2. Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Perpustakaan
  5. MCK/WC
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Bahasa
  8. Ruang tamu
  9. Kopontren
  10. 10. Klinik Kesehatan
  11. Aula

Demikian profil Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga. Semoga bermanfaat. (AL)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.