Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar

Al-Qur’an adalah kitab suci milik umat Islam yang mengandung berbagai sumber pedoman hidup. Mulai dari persoalan akidah, sejarah, hukum, sosial, politik, hingga ilmu pengetahuan.

Selain itu, kitab suci Al-Qur’an juga berisi bacaan doa-doa sebagaimana yang dahulu para nabi baca ketika memohon sesuatu kepada Allah.

Dari sekian ribu ayat dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali jenis-jenis doa. Salah satunya adalah doa untuk memohon kebaikan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Doa yang termuat dalam Surat Al-Baqarah ayat 2021 ini juga dikenal dengan sebutan “Doa Sapu Jagad”. Tidak heran apabila Rasulullah sering membaca doa ini.

Berikut ini penjelasan tentang tulisan dan bacaan doa Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabanna lengkap arab dan artinya.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabanna

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar

Baca juga :  Surat Yasin Arab Saja Full PDF
Baca juga :  Doa Surat Yasin Arab Latin dan Artinya

Makna Doa

Ahli tafsir Prof Quraish Shihab menjelaskan makna dari hasanah di dunia.

Pertama, iman. Maksudnya, tidak ada artinya kehidupan dunia tanpa adanya iman.

Kedua, ‘afiah. Artinya bukan hanya sehat. ‘Afiah juga berkaitan tentang kesehatan anggota tubuh sekaligus keterpeliharaannya dari dampak atau ancaman siksa Allah. Mata sehat bisa membaca dengan baik, tapi tidak afiat kalau mata itu digunakan untuk melihat maksiat.

Ketiga, rezeki. Dalam hal ini, rezeki itu yang kita minta bukan banyak, melainkan yang memuaskan. Sedikit yang memuaskan jauh lebih baik daripada banyak tetapi tidak memuaskan (M. Quraish Shihab, Shihab & Shihab Edisi Ramadhan, 2019: 110).

Selain itu, ulama tafsir Al-Qur’an bernama Al-Qurthubi dalam kitabnya menjelaskan bahwa makna kebaikan di dunia adalah ketentraman, keselamatan dan harta yang cukup. Sedangkan al-Hasan menyebut bahwa makna kebaikan di dunia adalah ilmu dan amal ibadah.

Selain itu, sebagian besar para ulama menerangkan, yang dimaksud dengan kebaikan di dunia adalah kebaikan dan kenikmatan yang ada di dunia, apapun bentuk dan jenisnya. Dalam hal ini, para ulama sepekat tentang makna kebaikan di akhirat yakni surga (Ahmad Zacky, Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa, 2013: 80).

Demikian penjelasan bacaan doa Rabbana Atina Fiddunya Hasanah lengkap latin, Arab, artinya beserta tafsirnya. Semoga bermanfaat. Amin. Wallahu a’lam. (MZN)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *