Ragam Nama-Nama Alquran

Membincang perihal nama, sudah pasti kita akan dihadapkan dengan yang namanya julukan, sebutan, gelar, dan atau bisa dibilang nama lain diluar dari nama asli yang memang sudah menempel pada suatu objek.

Alquran juga memiliki nama lain di luar namanya sendiri. Berikut adalah pusparagam nama Alquran atau aneka ragam sebutan Alquran.

1. Alquran

Quran secara bahasa berarti “bacaan”, merupakan bentuk masdar dari kata q-r-a (qara’a). Jika kalian ingin melacaknya, pemakaian kata Alquran ini berada pada ayat 17-18 surat (75) al Qiyamah, ayat 88 surat (17) al Isra’, ayat 85 surat (2) al Baqarah, ayat 87 surat (15) al Hijr, ayat 2 surat (20) Thaaha, ayat 6 surat (27) an Naml, ayat 29 surat (46) al Ahqaf, ayat 77 surat (56) al Waqiah, ayat 21 surat (59) al Hasyr, dan ayat 23 surat (76) ad Dahr.

2. Al-Kitaab

Pusparagam nama Alquran yang kedua ini bisa kalian lacak dan temui pada ayat 2 surat (2) al Baqarah, dan lihat pula pada ayat 114 surat (6) al An’am.

3. Al-Furqaan

Al-Furqaan artinya adalah “pembeda” maksudnya adalah membedakan yang benar dan yang batil. Keberadaan nama “al Furqaan” ini bisa kalian lacak dan temui pada ayat 1 surat (25) al Furqaan, yang berbunyi:

Baca juga :  Puisikah Alquran?

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Artinya: Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Alquran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.

4. adz Dzikr

Adz dzikr artinya“peringatan”, Keberadaan nama “al Furqaan” ini bisa kalian lacak dan temui pada ayat 9 surat (15) al Hijr, yang berbunyi:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan adz Dzikr (Alquran), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Selain itu nama “adz Dzikr” ini juga bisa ditemui di ayat 44 surat (16) an Nahl, yang berbunyi:

بِٱلْبَيِّنَٰتِ وَٱلزُّبُرِ ۗ وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ ٱلذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: Keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan kepadamu adz Dzikr (Alquran), agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.

Dari keempat nama di atas, yang paling masyhur dan merupakan nama khas adalah Alquran. Selain dari nama-nama yang telah disebutkan diatas tadi sebenarnya ada lagi pusparagam nama dari Alquran. Imam As Suyuthy dalam kitabnya Al Itqan, menyebutkan nama-nama lain dari Alquran, diantaranya: al Mubiin, al Kariim, an Nuur.

Baca juga :  Kaidah-Kaidah Tafsir untuk Bekal Para Mufasir

Wallahu A’lam.

Artikel ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa: English

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.