Robbana Dholamna Anfusana Wailam Tagfirlana Watarhamna

Sering kali ada pertanyaan, bacaan doa Robbana Dholamna Anfusana adalah surat apa? Nah, doa yang pernah Nabi Adam baca itu merupakan bagian dari Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat ke-23.

Berikut ini tulisan doa Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamna lana kunanna minal khosirin lengkap Arab, latin dan artinya.

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”

robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin

Tafsir Kementerian Agama

Berdasarkan tafsir yang diterbitkan oleh Kementerian Agama dalam aplikasi, bahwa setelah Adam dan istrinya menyadari kesalahan yang diperbuatnya, yaitu menuruti ajakan setan dan meninggalkan perintah Allah, dia segera bertobat, menyesali perbuatannya.

Allah pun mengajarkan kepada keduanya doa untuk memohon ampun. Kemudian dengan segala kerendahan hati dan penuh khusyuk, mereka pun berdoa.

Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (al-A’raf/7: 23)

Selanjutnya, berkat ucapan doa yang benar-benar keluar dari lubuk hatinya dengan penuh kesadaran disertai keikhlasan, maka Allah memperkenankan doanya, mengampuni dosanya dan melimpahkan rahmat kepadanya. Firman Allah:

Baca juga :  Doa Melupakan Mantan Kekasih

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (al-Baqarah/2: 37)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *