Robbisrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wah Lul Uqdatan Min Lisani Yafqohu Qouli

Artikel ini menjelaskan tentang doa Robbisrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wah Lul Uqdatan Min Lisani Yafqohu Qouli yang mana sumbernya adalah dari dari Al-Qur’an Surat Thaha ayat 25-28. Doa ini dahulu merupakan doa Nabi Musa saat hendak membelah lautan karena dikejar oleh Fir’aun.

Makanya, ketika ada seseorang sedang menghadapi kesulitan atau permasalahan, bisa membaca doa itu agar Allah memberikan kemudahan dan kelancaran. Doa Robbisrohli Sodri bisa kita baca kapan pun khususnya saat setelah menunaikan shalat fardhu.

Bacaan Doa

Berikut ini tulisan teks doa Robbisrohli Sodri lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wah Lul Uqdatan Min Lisani Yafqohu Qouli.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

 

Selain itu, para ulama mengajarkan bahwa doa Robbisrohli Sodri juga bisa kita lafalkan ketika hendak memulai belajar. Tujuannya agar Allah membukakan hati dan pikiran seseorang untuk menerima ilmu pada waktu proses pembelajaran.

Anjuran Belajar dalam Islam

Islam memerintahkan kepada umatnya agar selalu dan tidak pernah untuk belajar. Makanya, dalam suatu hadis Rasulullah bersabda:

Baca juga :  Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alla Ilaha Illa Anta

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ

Uthlubul-‘ilma minal-mahdi ilal-lahdi.

Artinya: “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat.”

Robbisrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wah Lul Uqdatan Min Lisani Yafqohu Qouli

 

Maka dari itu, setiap Muslim dan Muslimah haruslah berproses dalam pembelajaran. Dalam konteks zaman, salah satu bentuknya adalah sekolah dari jenjang tingkat dasar hingga tingkat tinggi.

Tidak hanya lewat sekolah, seseorang juga bisa tetap belajar melalui kajian-kajian di suatu majelis taklim, pengajian, atau juga dapat membaca buku serta menyimak berbagai konten positif di media digital.

Hikmah Belajar

Ada beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dalam proses pembelajaran. Pertama, Allah mengangkat derajat hamba-Nya yang berilmu. Kedua, membuka pintu rezeki bagi yang memiliki yang bermanfaat. Ketiga, hidup menjadi terarah karena dituntun oleh ilmu-ilmu yang dipelajari.

Demikian penjelasan tentang doa Robbisrohli Sodri ajaran Nabi Musa saat menghadapi kesulitan besar serta kaitannya dengan doa untuk belajar. Semoga bermanfaat.

There are 2 comments for this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *