Sambut Harlah, Mahad Aly Nurul Jadid Buka Call for Paper Muktamar Pemikiran Mahasantri

Muktamar pemikiran santri nurul jadid

IQRA.ID – Dalam rangka memperingati satu abad Nahdlatul Ulama (NU), haul serta hari lahir (harlah) Pondok Pesantren Nurul Jadid, Ma’had Aly Nurul Jadid, Probolinggo, Jawa Timur, melalui Badan Eksekutif Mahasantri (BEMs) membuka kegiatan Call for Paper Muktamar Pemikiran Mahasantri 2023.

Kegiatan muktamar ini akan digelar pada 10-12 Februari 2023, mengusung tema “Kontribusi Pemikiran Mahasantri Dalam al-Ulum ad-Diniyah as-Syar’iyyah (Ilmu Keislaman) di Indonesia”.

Pada gelaran muktamar ini tidak disediakan sub-tema tertentu, sehingga para peserta diundang menulis dan menyampaikan presentasi sesuai bidang takhassus masing-masing Ma’had Aly.

Menurut ketua panitia muktamar Sairofi, tujuan muktamar ini adalah untuk menguatkan dan menyemarakkan peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) serta haul dan harlah Pondok Pesantren Nurul Jadid melalui dunia literasi karya tulis ilmiah dan diskusi pemikiran antar mahasantri di masing-masing Ma’had Aly.

“Selain karena usulan langsung dari Mudir Ma’had Aly, acara ini diadakan dalam rangka memperingati satu abad NU dan harlah ponpes Nurul Jadid dengan cara menggali pemikiran, gagasan yang dituangkan dalam naskah ilmiah dan saling berdiskusi antar mahasantri sesuai takhassus masing-masing ma’had aly,” terang Sairofi, Sabtu (17/12) di Ma’had Aly Nurul Jadid.

Baca juga :  Yuk Daftarkan Diri Anda! Ngaji Bersama Ulama Penyejuk Hati

Sasaran kegiatan ini adalah mahasantri Ma’had Aly seluruh Indonesia. Panitia setidaknya telah menggandeng 13 media untuk bergabung menjadi media partner, yakni Media Kementerian Agama, Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (Amali), Dema Mahasantri Indonesia (Dema Amali), Ibidism (Komunitas literasi mahasantri Indonesia), Aswajadewata.com, NU Online Jatim, Iqra.id, Islami.co, Alif.id, Bincangsyariah, Beritabaru.co, Thoriqotuna dan NU Online.

“Kegiatan ini terbagi dalam empat bentuk, yakni call for paper, panel session, seminar nasional dan masa keakraban (makrab). Kegiatan call for paper merupakan kegiatan menulis dan seleksi naskah ilmiah. Sedangkan panel session akan disampaikan oleh peserta call for paper terpilih yang telah diseleksi oleh tim ahli dari pihak panitia,” jelasnya.

Sedangkan sesi ketiga adalah seminar nasional yang akan rencananya akan disampaikan oleh beberapa narasumber konsentrasi di dunia kitab kuning dan kajian ilmiah.

“Sesi keempat adalah makrab, yakni sesi silaturahmi dan saling mengenal antar peserta muktamar pemikiran mahasantri perdana yang diadakan oleh Ma’had Aly,” imbuhnya.

Call for papers dibuka sejak tanggal 17 Desember 2022 sampai 17 Januari 2023. Pengumuman peserta yang presentasi dan mendapat undangan hadir di acara ini pada 03 Februari 2023, sedangkan pelaksanaannya pada 10-12 Februari 2023.

Baca juga :  Yuk Gabung Kajian Ramadhan "Beragama di Era Pandemik"

Untuk informasi lengkap tentang syarat, ketentuan, petunjuk teknis dan pengumuman lainnya,  para peserta dapat mengunduhnya di link https://bio.link/badaneks. Untuk narahubung, bisa menghubungi via WA nomor 085297066511.(Alfin Haidar Ali)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.