Inilah Shalawat Nabi yang Paling Disukai Habib Ja’far Al Kaff

Habib Ja'far Al Kaff

Ulama kharismatik Habib Ja’far Al Kaff belum lama ini telah meninggalkan kita dan kembali menghadap Allah. Selain banyak orang atas memberikan kesaksian atas peristiwa-peristiwa semacam karomah kewalian, Habib Ja’far juga masyhur sebagai ulama yang gandrung terhadap bacaan-bacaan shalawat.

Ternyata, ada bacaan shalawat kesukaan atau yang sangat disukai oleh Habib Ja’far Al Kaff dari Kudus, yakni:

صَلَاةُ اللّٰهِ مَا لَاحَتْ كَوَاكِبْ # عَلَى احْمَدْ خَيْرِ مَنْ رَّكِبَ الْنَّجَائِبْ

Selagi bintang masih bersinar terang, semoga rohmat ta’dhim Allah # Senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad, sebaik-baiknya orang yang mengendarai unta yang bagus.

حَدٰى حَادِى السُّرٰى بِاسْمِ الْحَبَائِبْ # فَهَزَّ الشُّكْرُ اَعْطَافَ الرَّكَائِبْ

Para penggiring unta bersenandung dalam perjalanan malam, menyebut nama sang kekasih # Lalu rasa syukur (bahagia) itu menggoyangkan leher-leher unta yang dikendarai.

Baca juga :  10 Foto Habib Luthfi Masa Muda: Ganteng, Gagah, dan Berwibawa
Baca juga :  Mengenal Habib Abu Bakar bin Umar Assegaf, Wali Qutb dari Gresik

Vokalis kondang asal Kudus Ustad Ashfal Maula Kudus (Gus Apang) mengisahkan, bahwa dirinya setiap mengikuti acara Maulid Nabi bersama Habib Ja’far,  beliau selalu minta dibacakan shalawat Kawakib.

“Pang… Kawakib Pang,” begitu Habib Ja’far meminta Gus Apang untuk melantunkan Shalawat itu.

Habib Ja’far sudah sejak kecil memang suka dengan shalawat Kawakib, karena para habib dan syarifah, yakni anak cucu Nabi Muhammad, di Kabupaten Kudus dahulu pada saat acara Maulid Nabi sering membaca kitab Maulid Diba’, yang salah satunya terdapat bacaan shalawat Kawakib.

Baca juga :  Allahumma Ubat-Ubet: Doa Rajin Bekerja Ijazah KH Dalhar Watucongol
Baca juga :  Ijazah Doa KH Sya'roni Ahmadi untuk Para Pengusaha agar Usahanya Laris

Dalam beberapa video yang direkam oleh Grup Rebana Al Mubarok Qudsiyyah Kudus, nampak dengan jelas kebahagiaan Habib Ja’far saat shalawat itu dilantunkan. Bahkan, beliau mengajak hadirin lain untuk bershalawat bersama dengan suara lantang pada orang-orang yang ada di dekatnya.

Selain shalawat Kawakib, Gus Apang juga mengatakan bahwa ada tiga syair lain yang sangat disukai oleh Habib Ja’far ketika dibacakan dengan rebana di acara Maulid. Ketiga shalawat itu yakni Thala’al Badru, Ya Rasulullah, dan Huwal Habib.

Itulah sekilas tentang sholawat kesukaan Habib Ja’far. Semoga kita termasuk orang-orang yang menggandrungi shalawat Nabi, sehingga kelak di Hari Akhir kita mendapatkan syafaatnya. Amin.

Baca juga :  Doa Naik Pesawat Agar Selamat Sampai Tujuan
Baca juga :  Doa Agar Mendapatkan Jodoh Idaman
be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *