Turki Ubah Masjid Jadi Minimarket Gratis Selama Pandemi Corona

IQRA.ID, Turki – Selama wabah Covid-19 melanda, Masjid di Turki beralih fungsi menjadi minimarket. Dengan slogan “Ambil yang Anda butuhkan, berikan apa yang Anda bisa”, minimarket di masjid ini menyediakan beragam makanan gratis untuk warga yang membutuhkan.

“Biarkan mereka mengambil apa yang mereka butuhkan, berikan mereka kesempatan,” kata Abdulsamet Çakır, Imam Masjid Dedeman di Sarıyer Turki sebagaimana dilansir Go Muslim yang dikutip dari Anadolu Agency, Senin (13/4).

Masjid ini diubah menjadi minimarket atas dukungan dari staf keagamaan Sarıyer Mufti, Gubernur Kabupaten Sarıyer dan Kelompok Dukungan Sosial Sarıyer Vefa.

Imam Masjid Dedeman kemudian mengisi rak-rak masjid dengan makanan dan bahan kebutuhan pokok dan bahan-bahan pembersih. Seperti susu, tepung, dan beras dan lain-lain.

Dukungan datang dari seluruh warga Turki untuk mendukung gerakan yang diluncurkan Cakir. Tradisi ini sudah ada di Turki sejak ratusan tahun biasa disebut tradisi sadakataş yang digunakan untuk menghidupkan kembali di masa-masa sulit.

Di sudut masjid tertulis, “Mohon, ambil sebanyak yang dibutuhkan, perhatikan untuk mengambil satu demi satu, mari pikirkan juga saudara-saudara kita yang lainnya, semoga Allah meridhoi kita semua”.

Di jendela masjid juga terdapat tulisan “Bagi yang membutuhkan, silahkan ambil” lalu sebelahnya ditulis “Bagi yang berkelebihan, silahkan menderma” (Bahasa Turki: ihtiyaci olan alsin, imkani olan ikram etsin).

Baca juga :  Madinah Ditetapkan WHO Sebagai Kota Paling Sehat di Dunia
Pengumuman di jendela masjid

“Bahan-bahan pokok ini semua tersedia di rak-rak untuk semua warga. Kami berusaha membawa para dermawan bersama dengan mereka yang membutuhkan, dari minyak ke teh, gula, beras, bahan-bahan pembersih, dan makanan yang akan disukai anak-anak,” katanya. (mzn)

be the first to comment on this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *