10 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab

Barakallahu fi umrik

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab – Ulang tahun adalah salah satu momen indah dalam hidup setiap hidup manusia. Pada momen itulah usia seseorang menjadi bertambah, namun sejatinya usia yaitu semakin berkurang.

Lebih jauh, momen ini juga menjadi proses perubahan fase hidup, yakni dari bayi menuju balita, dari balita menuju anak-anak, dari anak-anak menuju remaja, dari remaja menuju dewasa, dari dewasa menuju tua, dan seterusnya.

Oleh sebab itu, bertambahnya usia memang merupakan nikmat dan anugerah yang patut untuk kita syukuri. Jadi, tidak heran apabila pada momen inilah banyak orang merayakan pergantian usia melalui berbagai cara. Misalnya, ada yang merayakannya dengan sederhana, ada pula yang sampai mewah-mewahan. Maka, demikian ini tergantung masing-masing dalam mengeskpresikan rasa syukurnya.

Pada setiap hari dan tanggal perayaan ulang tahunnya seseorang, pada umumnya banyak ucapan yang datang, baik itu dari teman, sahabat, keluarga, dan lain-lain. Di samping itu, banyak sekali cara dan jenis ucapan yang disampaikan, baik itu dalam bahasa Indonesia, Inggris, Arab, lokal, dan sebagainya. Tentunya, ucapan-ucapan itu bisa berisi doa, harapan, semangat, dan motivasi, yang dapat diberikan untuk teman laki-laki, perempuan, kakak atau adik kandung, suami atau istri, guru, dan lain-lain.

Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab

Berikut 10 contoh ucapan Selamat Ulang Tahun dalam bahasa Arab, latin dan artinya:

بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكْ

(1) Barrakallah fi ‘umrik.

Artinya: “Semoga Allah memberkahi usiamu.”

Baca juga :  Barakallah fii Umrik fii Rizki fii Ilmi fi Dunya Wal Akhirat Artinya

سَنَةٌ حُلْوَةٌ

(2) Sanah helwah.

Artinya: “Selamat ulang tahun.”

!عِيْدُ مِيْلَادِ سَعِيْد

(3) ‘Id milad sa’id.

Artinya: “Selamat ulang tahun!”

عِيْدُ مِيْلَادِ سَعِيْد لَك

(4) ‘Id milad sa’id lak.

Artinya: “Selamat ulang tahun untukmu.”

اِسْتَمْتِعْ بِعِيْدِ مِيْلَادِك

(5) Istamti’ bi’idi miladik.

Artinya: “Selamat menikmati hari kelahiranmu.”

مَبْرُوك أَلْفَ مَبْرُوك، يَوْم مِيلَادِك مَبْرُوك

(6) Mabruk alfa mabruk, yaum miladik mabruk.

Artinya: “Berkah seribu berkah, hari lahirmu berkah.”

كُلُّ عَامٍ وَأَنْتَِ بِخَيْرٍ، وَعِيْدُ مِيْلَادِ سَعِيْد لَك

(7) Kullu ‘am wa anta/i bi khoirin, wa ‘idu miladi sa’id lak.

Artinya: “Selamat ulang tahun, selamat hari lahir untukmu.”

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

(8) Allahumma thowwil ‘umurona, wa shohhih ajsadana, wa nawwir qulubana, wa sabbit imanana wa ahsin a’malana, wa wassi’ arzaqoaa, wa ilal-khoiri qorribna wa ‘anisy-syarri ab’idna, waqdhi khawa-ijana fiddini waddunya wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodirun.

Artinya: “Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, dan terangi hati kami. Tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, dan luaskan rezeki kami. Dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan. Kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca juga :  Ucapan Selamat Tahun Baru 2021 Bahasa Arab

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

(9) Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyyaatina qurrata a’yun waj-‘alna lilmuttaqina imama.

Artinya: “Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami. Dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

(10) Allahumma inna nas-aluka salamatan fid dini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa barakatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal mauti.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan (kesehatan) pada tubuh. Dan penambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum mati, rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab

Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Dalam konteks agama Islam, kadang timbul pertanyaan, bagaimana hukum memberikan ucapan selamat ulang tahun–entah itu bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan sebagainya?

Jawabannya, hingga hari ini tidak ada satu pun teks Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’ Ulama tentang larangan atau keharaman mengucapkan ekspresi tentang “selamat ulang tahun”. Oleh sebab itu, karena tidak adanya dalil maka hukumnya mubah (boleh).

Secara substansi, ketika pengucapan tentang hari kelahiran seseorang berisi doa-doa yang baik, justru itu merupakan spirit ajaran Islam yang memerintahkan untuk saling mendoakan dalam kebaikan. Jadi, pada dasarnya bagi Muslim sah-sah saja apabila melakukan hal demikian.

Baca juga :  Ucapan Selamat Tahun Baru Islam dalam Bahasa Inggris

Hikmah Ulang Tahun

Banyak sekali hikmah yang dapat kita temukan saat tiba hari bertambahnya usia. Berikut beberapa hikmah di balik hari ulang tahun:

Pertama, usia bertambah berarti Allah masih memberikan kesempatan kita untuk hidup. Jadi, kesempatan itu harus kita tambah bersyukur dan menggunakan sisa usia untuk berbuat kebaikan.

Kedua, ketika usia kita bertambah maka itu kesempatan untuk memperbaiki diri. Jika sebelumnya kita masih sering melakukan hal buruk, maka kita harus memperbaikinya dengan lebih baik lagi.

Ketiga, ulang tahun sejatinya adalah berkurang usianya. Maka dari itu, kita harus sadar bahwa ajal dapat menjemput kapan saja.

Demikianlah contoh-contoh mengenai ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab untuk laki-laki maupun perempuan. Semoga melalui pembahasan ini dapat menambah syukur kita kepada Allah karena senantiasa diberi umur yang berkah. Amin(MZN)

There is 1 comment for this article

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.