Doa dan Amalan Malam lailatul Qadar Sesuai Sunnah Shahih – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana digambarkan oleh Al-Qur’an. Malam Lailatul Qadar juga khusus diberikan kepada umat Nabi Muhammad Saw.

Berikut ini doa malam Lailatul Qadar yang sesuai sunnah shahih sebagaimana diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah ketika ia bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang doa apa yang dibaca tatkala mengetahui malam Lailatul Qadar, lalu Rasul menjawab:

Allaahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu ‘Annii

Artinya : “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku.” (HR. Nasai: 7665, Tirmidzi: 3513, Ibnu Majah: 3850, Ahmad: 25384. Menurut Imam Ahmad dan Tirmidzi hadits ini  termasuk shahih)

Jadi berdasarkan hadits ini, amalan malam Lailatul Qadar yang sesuai sunnah Rasulullah adalah memperbanyak doa terutama untuk meminta ampunan atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat selama hidup.

Selain itu, dalam berbagai keterangan ulama dalam kitab salah dijelaskan bahwa amalan menjemput malam Lailatul Qadar yakni memperbanyak baca Al-Qu’ran dan Dzikir.

Ini pertanyaan yang agak sulit dijawab karena malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah. Berdasarkan pendapat masyhur di kalangan ulama yang bersumber dari telaah terhadap hadits, bahwa Lailatul Qadar terjadi pada:

Demikian doa dan amalan malam Lailatul Qadar sesuai sunnah shahih. Semoga kita diberikan kesempatan berjumpa Lailatul Qadar dengan amalan yang ikhlas, istiqomah, dan khusuk. Amin. Wallahu a’lam. (M. Zidni Nafi’)

Leave a Response