Download Surat Yasin Teks Tulisan Arab Saja Lengkap/Full PDF – Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang paling sering Muslim baca sehari-hari. Surat nomor urut ke-36 ini mempunyai jumlah ayat sebanyak 83 ayat.

Surat Yasin umumnya sering dibaca oleh sebagian besar Muslim saat ziarah kubur. Selain itu, seringkali surat ini dibaca secara bersama-sama ketika momen tahlilan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal.

Asbabun nuzul (sebab turun) surat Yasin adalah ketika kaum kafir Quraisy tidak beriman kepada kenabian Nabi Muhammad SAW. Mereka menganggap bahwa Muhammad adalah anak yatim asuhan pamannya bernama Abu Thalib.

Selain itu, mereka menganggap Muhammad tidak pernah pergi ke suatu majelis untuk berguru kepada seseorang guna menuntut ilmu. Sehingga bagi orang Quraisy, meragukan sosok Muhammad yang menjadi seorang nabi.

Waktu itu, kaum Quraisy pun masih tenggelam dalam status kekafiran mereka. Sehingga pada akhirnya Allah menurunkan Surat ini. Tujuannya sebagai sanggahan atas cibiran kaum kafir terhadap Nabi Muhammad. Surat Yasin ini juga menjadi saksi atas kenabian dan risalah Nabi Muhammad (Jazilatul Atiyah, 2020).

Banyak keuatamaan khusus bagi siapa saja yang membaca Surat Yasin. Itulah mengapa Surat ini menjadi sangat populer bagi Muslim. Keutamaan ini sebagaimana keterangan Rasulullah Saw dalam hadis berikut:

مَنْ قَرَأَ يس ابتغاءَ وَجْهَ اللَّه غُفِرَ لَهُ

“Barangsiapa membaca surah Yaasin karena mengharap ridha Allah, maka ia akan diampuni.” (HR. Malik dan Ibnu Hibban)

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس، وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

“Sesungguhnya segala sesuatu itu memiliki inti. Dan inti dari Al-Qur’an adalah Yasin. Barang siapa yang membacanya, maka Allah akan mencatat baginya pahala membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi)

Berikut ini link DOWNLOAD Surat Yasin lengkap/full tulisan Arab saja versi PDF:

Download Klik >> Surat Yasin Bahasa Arab saja PDF

Jika tidak mengunduh versi PDF, bisa langsung membaca Surat Yasin berikut ini:

Selanjutnya, setelah membaca, dianjurkan juga membaca doa setelah Surat Yasin sebagaimana ajaran ulama berikut ini.

Klik >> DOA SETELAH MEMBACA SURAT YASIN

Demikian penjelasan tentang asbabun nuzul, keutamaan dan teks Surat Yasin lengkap dengan tulisan Arab dalam versi PDF. Semoga bermanfaat. Amin. (MZN)

Topik Terkait: #alquran#Ayat dan Surat

Leave a Response