Bulan paling suci Islam sedang berlangsung, tetapi Ramadhan tahun ini di seluruh dunia terlihat agak berbeda. Tradisi Ramadhan kena dampak Lockdown di berbagai negara di dunia.

Umat ​​Muslim diharapkan untuk mengurangi perayaan yang biasa dan pertemuan besar untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) lebih lanjut.

Sebagaimana dilansir oleh Deutsche Welle (DW) pada (23/4), Mesir mengumumkan pada hari Kamis—hari pertama Ramadhan untuk sebagian besar dunia Muslim—bahwa mereka akan mempertahankan jam malam pada bulan suci untuk mengekang wabah virus corona, tetapi mengizinkan satu jam ekstra bergerak di malam hari selepas orang-orang berbuka puasa.

Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly mengatakan pada konferensi pers yang disiarkan televisi pada hari Kamis bahwa jam malam akan dimulai pukul 9 malam, waktu setempat, dan lari sampai jam 6 pagi.

Jam malam itu berarti umat Islam tidak akan bisa mengadakan pesta buka puasa keluarga besar, makan malam puasa selama Ramadhan, meskipun itu dilakukan di rumah mereka.

Grand Mufti Shawki Allam, otoritas agama tertinggi di negara itu, mengatakan semua Muslim yang sehat harus tetap berpuasa meskipun ada pandemi.

“Setelah berkonsultasi dengan para ahli medis di tengah-tengah pandemi saat ini, kami menegaskan bahwa puasa tidak memiliki efek negatif pada orang yang sehat,” kata Allam dalam sebuah video yang diposting di Facebook.

Pemimpin Islam ini mengakui bahwa orang tua, orang-orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya dan pasien virus corona dapat dibebaskan untuk tidak berpuassa.

“Mengenai pasien virus corona, mereka yang paling memenuhi syarat untuk berbuka puasa,” kata Allam.

Sebanyak 1,8 miliar Muslim di dunia diharapkan untuk mengundur perayaan tradisional semalam mereka, sholat berhamaah, kebiasaan memberi hadiah dan pertemuan buka puasa saat senja di tengah pandemi virus corona.

Ibukota Indonesia di Jakarta telah memperpanjang batasan sosialnya ketika umat Islam di negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia bersiap untuk puasa sebulan.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan pembatasan, yang awalnya ditetapkan untuk berakhir Kamis, sekarang akan berlangsung hingga 22 Mei. Dia juga meminta umat Islam untuk tidak melakukan kunjungan Masjid selama Ramadhan untuk mencegah wabah lebih lanjut.

Di Albania, para pemimpin Muslim di sana mendesak para jamaahnya untuk tinggal di rumah. Lalu mempraktikkan jarak sosial dan mendorong mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu mengajar anak-anak mereka tentang Islam.

Hal itu sebagaimana di Turki yang mana pemerintahnya telah melarang makan bersama selama liburan untuk menghindari penularan.

Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah menolak untuk menutup masjid-masjid negara itu meskipun ada peringatan dari Asosiasi Medis Pakistan bahwa pertemuan publik mirip dengan cawan petri dan akan mengganggu sistem kesehatan negara yang sudah rapuh.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendorong umat Islam di seluruh dunia untuk “fokus pada musuh bersama kita – virus,” dan mengulangi seruan sebelumnya untuk gencatan senjata segera untuk semua konflik.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock berterima kasih kepada semua Muslim Inggris karena tinggal di rumah selama bulan Ramadhan dalam sebuah siaran langsung televisi dari Downing Street dan mengakui itu akan menjadi masa yang sulit bagi banyak Muslim selama penutupan.

Di Amerika Serikat, sekitar 3,5 juta Muslim, kelompok agama terbesar ketiga di negara itu, dilarang melakukan sholat di masjid. Sebagai gantinya, para sidang menawarkan layanan doa live streaming online.

Walikota Minneapolis di negara bagian utara Minnesota memberikan izin khusus untuk memungkinkan doa-doa disampaikan oleh pengeras suara untuk menandai awal Ramadhan.

Muslim di Jerman akan memulai Ramadhan pada hari Jumat. Tanggal Ramadhan bervariasi di berbagai negara, menurut penampakan bulan, tetapi biasanya hanya sehari.

Jerman telah menutup tempat-tempat ibadah bagi banyak orang termasuk masjid, gereja, dan sinagoge. Di tengah krisis virus corona, sosialisasi di luar rumah dalam kelompok yang terdiri lebih dari dua (kecuali dari rumah tangga yang sama) dilarang.

“Sesulit apa pun bagi kita untuk menutup masjid selama bulan suci Ramadhan, adalah tanggung jawab agama dan sipil kita untuk melakukan hal itu pada fase saat ini,” kata Aiman ​​Mazyek, sekretaris jenderal Dewan Sentral Muslim Jerman melalui surat kabar lokal Ruhr24. (mzn)

Leave a Response