Pondok Pesanten At-Tauhidiyyah merupakan pondok pesantren salaf yang tua dan populer di Kabupaten Tegal. Pondok ini terletak di dua lokasi, yakni di desa Giren dusun Kaligayam Kecamatan Talang Tegal dan Cikura Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya nama pondok pesantren ini tidak asing lagi. Dari masa ke masa diasuh KH. Armia bin Kurdi pengasuh Cikura/KH. Abu Ubaidah bin Kyai Syaikhon pengasuh Giren (1936) yang dilanjutkan diasuh oleh KH. Said bin Armia (1895-1975) dan di lanjut asuh oleh KH. Musthofa (1979) dan diasuh oleh Nyai Hj. Jamilah bin KH. Abdul Mannan (2005) dan diteruskan ke 2 anak KH. Said bin Armia dan Bu Nyai Hj Jamilah bin Abdul Mannan lalu diteruskan KH. Ahmad Saidi bin Said dan KH. Chasani bin Said.

Tidak hanya ilmu tauhid, santri-santri di pesantren At-Tauhidiyyah pula menekuni banyak fan ilmu seperti Fiqih, Nahwu, Shorof, Tajwid, Hadits, Mantiq, dan lain-lain. Aktivitas pembelajaran di Ponpes At-Tauhidiyah dipecah ke dalam sebagian jenis, yakni: Santri bermukim: Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, Kejar Paket (Sebanding SMP serta SMA), STKIP Santri non bermukim: Play Group, Awaliyah, Wustha, Ulya.

Pengasuh

Santri mukim : Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, Kejar Paket (Setara SMP dan SMA), STKIP
Santri non mukim : Play Group , Awaliyah, Wustha, Ulya.

At Tauhidiyyah Cikura

Alamat
Dukuh Giren Desa Kaligayam Kecamatan Talang Tegal Jawa Tengah/Desa Cikura Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Demikian profil Pondok Pesantren At-Tauhidiyyah Cikura Bojong/Giren Talang Tegal. Semoga bermanfaat. (MS)

Sumber: https://www.laduni.id/post/read/68123/pesantren-attauhidiyah-giren-tegal.

Leave a Response