Ucapan Selamat Tahun Baru Masehi 2021 dalam Bahasa Arab – Tahun baru adalah momen yang indah bagi setiap orang, baik itu saat pergantian tahun Masehi maupun tahun Hijriah. Perbedaan utama dari kedua tahun ini yakni dalam dasar sistem penanggalan. Masehi menggunakan waktu perputaran Matahari, sedangkan Hijriah menggunakan perputaran Bulan.

Setiap masyarakat, mempunyai cara masing-masing dalam menyambut pergantian tahun. Ada yang menyikapnnya biasa saja, ada pula yang merayakannya secara sederhana, ada juga yang merayakannya dengan kegiatan-kegiatan yang semarak. Jadi, hal itu tergantung dengan persepsi masing-masing masyarakat perihal perayaan tersebut.

Misalnya, apabila tahun baru Hijriah, banyak Muslim yang mengadakan acara-acara yang bernuansa doa, zikir, selametan, dan lain-lain. Sedangkan, kalau tahun Masehi, masyarakat berbagai pemeluk agama biasanya merayakannya dengan festival, pertunjukan musik, hingga pesta kembang api.

Selain itu, setiap negara atau bangsa juga memiliki cara dan tradisi masing-masing dalam merayakan tahun baru Masehi, salah satunya yakni penggunaan ucapan selamat. Misalnya dalam bahasa Indonesia, bisa mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2021”, dalam bahasa Inggris bisa mengucapkan “Happy New Year”. Begitu pula dalam bahasa Arab, ada pula ucapan selamat yang bisa kita gunakan.

Berikut ini ucapan selamat Tahun Baru Masehi (2021) dalam Bahasa Arab lengkap latin dan artinya:

Latin: Sanah miladiyyah mubarakah.

Artinya: “Selamat tahun baru Masehi, semoga berkah.”

Latin: Sanah miladiyyah sa’idah.

Artinya: “Selamat tahun baru Masehi, semoga berbahagia.”

Latin: Kullu ‘am wa antum bi khair khushush fi sanati alfaini wa wahid wa ‘isyrin.

Artinya: “Semoga kebaikan selalu menyertaimu setiap tahun, khususnya tahun 2021.”

Ucapan Selamat Tahun Baru Bahasa Arab

Tahun Masehi dan Hijriah juga memiliki perbedaan dalam jumlah hari dan nama bulan. Masehi mempunyai jumlah hari dalam setahun yakni 365/366 hari, sedangkan Hijriah yakni 354/355 hari. Selanjutnya, berikut nama-nama bulan dalam tahun Masehi dan Hijriah.

1. Januari
2. Februari
3. Maret
4. April
5. Mei
6. Juni
7. Juli
8. Agustus
9. September
10. Oktober
11. November
12. Desember

1. Muharram
2. Shafar
3. Rabi’ul Awwal
4. Rabi’ul Tsani (Akhir)
5. Jumadal Ula (Awwal)
6. Jumadal Tsani (Akhirah)
7. Rajab
8. Sya’ban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dzulqa’dah
12. Dzulhijjah

Kendati nampak sederhana, tetapi ada beberapa manfaat ketika kita menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada orang lain, terutama teman, sahabat, rekan kerja dan keluarga.

Pertama, dapat menjadi motivasi bagi orang terdekat agar lebih semangat menyongsong lembaran baru.

Kedua, dapat menjadi penguat silaturrahim agar hubungan kekerabatam semakin baik.

Ketiga, dapat menjadi energi positif seba setiap ucapan selamat mengandung doa-doa kebaikan.

Demikian penjelasan tentang ucapan Selamat Tahun Baru Masehi khususnya tahun 2021 dalam Bahasa Arab beserta latin dan artinya. Semoga pada tahun-tahun selanjutnya, kita semakin lebih baik lagi, lancar dalam setiap aktivitas, dan sukses menggapai cita-cita. Amin. (MZN)

Leave a Response